Wisata Berbasis Olahraga Diharapkan Dongkrak Kunjungan Wisatawan Mancanegara

Dian Eko Prasetio
Selasa 14 Maret 2023, 21:45 WIB
Presiden Joko Widodo saat memimpin rapat terbatas di Istana Merdeka, Jakarta (Sumber : Biro Pers Sekretariat Presiden/Kris)

Presiden Joko Widodo saat memimpin rapat terbatas di Istana Merdeka, Jakarta (Sumber : Biro Pers Sekretariat Presiden/Kris)

LABVIRAL.COM - Pemerintah Indonesia sampai saat ini terus berkomitmen untuk bisa mendongkrak jumlah wisatawan mananegara (wisman) yang ingin berkunjung ke tanah air dengan target 7,4 juta wisman.

Salah satu caranya adalah dengan menjadi tuan rumah dan menyelenggarakan berbagai macam ajang olahraga internasional tingkat dunia.

"Salah satu strateginya adalah dengan menggelar event berkelas dunia, berskala internasional," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, selepas rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo.

Salah satu agenda terdekat yang akan digelar adalah F1 Powerboat atau FI H20 World Series di Danau Toba, Sumatera utara, akhir Februari 2023.

Bukan cuma itu saja, Indonesia juga bakalan menjadi tuan rumah Piala Dunia FIBA 2023. Gelaran piala dunia bola basket yang diikuti 8 negara tersebut rencananya akan berlangsung di Indoor Multifunction Stadium (IMS) di Kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta.

Baca Juga: Erick Thohir Jadi Ketum PSSI, LaNyalla Wanti-wanti Soal Mafia Bola

Tidak berhenti dengan dua agenda, tahun ini Indonesia juga berkesempatan menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA U20. Gelaran ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi persepakbolaan tanah air serta perekenomian nasional.

"Juga tentunya peningkatan dari image Indonesia sebagai negara yang bisa meng-host turnamen-turnamen berskala internasional," tutur Sandi.

Untuk target wisman yang ingin dicapai dari penyelenggaraan Piala Dunia FIFA U20, Sandi menjelaskan bahwa hingga saat ini pihaknya masih mengalkulasi dengan cermat. Terkait persiapan, anggaran, hingga target penerimaan devisa.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini