5 Makanan Bisa Mempertajam Pendengaran, Harganya Murah dan Mudah Didapatkan

Sunardi
Rabu 15 Maret 2023, 00:00 WIB
Ilustrasi makanan sehat (Sumber : freepick.com)

Ilustrasi makanan sehat (Sumber : freepick.com)

LABVIRAL.COM - Makanan memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Salah satunya adalah makanan bisa mempertajam pendengaran.

Makanan bisa memberikan nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Di dalam makanan mengandung berbagai macam nutrisi yang diperlukan oleh tubuh, seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral.

Lalu, apa saja kandungan makananyang bisa mempertajam pendengaran? Makanan yang bagus untuk pendengaran adalah buah-buahan dan sayuran dengan mineral yang mengandung asam folat, kalium, magnesium, dan zinc.

Nah, berikut deretan jenis makanan yang bisa mempertajam pendengaran dihimpun dari berbagai sumber:

1. Ikan

Siapa yang tak suka ikan? Jenis ikan yang bagus untuk pendengaran seperti ikan salmon, tuna, dan sarden. Dalam ikan-ikan tersebut terdapat kandungan omega-3, yakni dipercaya dapat menurunkan risiko hilangnya pendengaran akibat usia. Asam lemak omega-3 dapat membantu menjaga kesehatan otak dan sistem saraf, termasuk sistem pendengaran.

2. Pisang

Selain dari ikan, yang tak kalah penting adalah buah-buahan. Nah, buah yang cocok dan bagus untuk menjaga pendengaran adalah pisang. Di dalam buah ini terdapat kandungan kalium dan magnesium. Kalium sendiri bertugas mengonversi suara menjadi sinyal yang dapat diinterpretasi oleh otak. Sedangkan, magnesium dipercaya dapat mengatasi radikal bebas yang timbul dalam tubuh ketika terdapat suara berisik.

3. Alpukat

Buah alpukat ini juga bagus untuk pendengaran. Di dalam alpukat terdapat kandungan magnesium. Peran magensium dalam tubuh memang penting. Keberadannya bisa sebagai pelindung sel-sel telinga bagian dalam. Selain itu, magnesium juga berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah.

4. Brokoli

Sudah pernah mencoba brokoli? Sayuran ini memang mangandung banyak manfaat. Salah satunya adalah baik untuk pendengaran telinga. Di dalam brokoli terdapat kandungan vitamin C, vitamin K, dan kaya akan serat. Ketiga kandungan tersebut membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak jaringan telinga.

5. Bawang putih

Sebagai bumbu dapur, bawang putih memang kaya akan manfaat. Termasuk mengatasi masalah pendengaran. bawang putih dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah. Selain itu, fungsi lainnya adalah meredakan peradangan, terutama di sekitar organ pendengaran.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini