Benarkah Berenang Sehabis Makan Berbahaya?

Sunardi
Rabu 24 Mei 2023, 20:14 WIB
Ilustrasi seseorang sedang berenang. (Sumber : freepik.com)

Ilustrasi seseorang sedang berenang. (Sumber : freepik.com)

LABVIRAL.COM - Berenang memang jadi salah satu olahraga yang menyenangkan dan menyehatkan. Namun, bagaimana jika berenang sehabis makan? Benarkah berenang sehabis makan berbahaya?

Jika kamu melakukan aktivitas olahraga renang biasanya selalu membawa bekal atau makan terlebih dahulu. Namun, apakah kamu pernah mendengar anjuran bahwa tidak boleh berenang setelah makan dan setidaknya menunggu satu jam?

Proses berenang dengan kondisi perut kenyang setelah makan tidak memengaruhi kemampuan berenang. Hal tersebut disebabkan saat kenyang, darah akan mengalir ke perut untuk membantu proses pencernaan.

Tak hanya itu saja, berenang setelah makan memang tidak akan menyebabkan otot kehilangan energi dan kemampuannya.

Baca Juga: 6 Penyakit Akibat Berenang di Kolam Renang, Jangan Anggap Sepele

Baca Juga: 7 Wisata Air Terjun di Magelang, Bisa untuk Renang hingga Berkemah

Akan tetapi, perut yang penuh setelah makan bisa menimbulkan kram. Beberapa kasus memang mengarah ke kejadian kram tersebut. Untuk kasus kematian setelah makan lalu berenang terbilang sangat kecil.

Secara umum tak ada bukti penelitian yang menunjukkan bahwa olahraga renang setelah makan adalah hal yang berbahaya. Namun, olahraga teralu intens dapat membuat arah aliran darah menjauh dari organ-organ pencernaan. Hal tersebut akhirnya membuat pencernaan jadi terganggu.

Kemudian, untuk memahami mengapa berenang setelah makan dianggap berbahaya, kamu perlu memahami proses pencernaan. Setelah kamu makan, makanan masuk ke dalam perut dan dipecah menjadi nutrisi yang akan diserap oleh tubuh. Proses ini membutuhkan waktu, tetapi tubuh kamu dirancang dengan sangat efisien untuk melakukan pencernaan.

Jadi, benarkah berenang sehabis makan berbahaya?

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini