Mengapa Penderita Hipertensi Tidak Dianjurkan Olahraga Berat?

Sunardi
Jumat 26 Mei 2023, 21:25 WIB
Ilustrasi seseorang sedang melakukan olahraga berat. (Sumber : Freepik.com/prostooleh)

Ilustrasi seseorang sedang melakukan olahraga berat. (Sumber : Freepik.com/prostooleh)

LABVIRAL.COMHipertensi atau tekanan darah tinggi memang dihadapi oleh banyak orang di seluruh dunia. Kondisi tersebut mengharuskan kita untuk menjaga kondisi tubuh, salah satunya adalah dengan berolahraga. Namun, mengapa penderita hipertensi tidak dianjurkan olahraga berat?

Meskipun olahraga dianggap sebagai kegiatan yang sehat dan bermanfaat bagi tubuh, penderita hipertensi seringkali dianjurkan untuk menghindari olahraga berat. Hal tersebut dikarenakan intensitas olahraga berat bisa mengalami peningkatan tekanan darah dan memperberat kerja jantung.

Bagi penderita hipertensi, melakukan olahraga berat dapat memiliki dampak negatif pada tekanan darah. Ketika melakukan olahraga berat, denyut jantung akan meningkat, dan pembuluh darah akan melebar untuk mengirim lebih banyak darah dan oksigen ke otot yang bekerja keras.

Baca Juga: 4 Olahraga Ini Cocok Buat Penderita Hipertensi yang Ingin Menjaga Tekanan Darah Tetap Normal

Baca Juga: Manfaat Olahraga Untuk Penderita Hipertensi Ternyata Sangat Baik, Bisa Menurunkan Tekanan Darah

Hal tersebut secara alami akan meningkatkan tekanan darah sementara. Namun, pada penderita hipertensi, tekanan darah yang tinggi ini dapat menjadi masalah serius.


Mengapa penderita hipertensi tidak dianjurkan olahraga berat?

Situs kesehatan Healthline menjelaskan, bahwa olahraga dengan intensitas yang berat dapat meningkatkan kerja jantung untuk menyalurkan darah ke seluruh tubuh. Kondisi tersebut akan membuat para penderita mengalami peningkatan tekanan darah sistolik saat berolahraga.

Keadaan tekanan darah sistolik mencapai angka 200 mmHg, alhasil risiko jantung juga akan meningkat. Hal tersebut akan berdampak pada serangan jantung dan stroke.

Tak hanya itu saja, beberapa sumber juga menyebut dengan olahraga yang intensitasnya berat, akan membuat penderita hipertensi memiliki ritme pernapasan yang tak teratur.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait
Style

Gen Z Suka Mager, Awas Kena Hipertensi

Selasa 04 April 2023, 13:48 WIB
Gen Z Suka Mager, Awas Kena Hipertensi
Berita Terkini