Olahraga di Sore atau Malam Hari Ternyata Lebih Efektif Mengontrol Gula Darah, Seperti ini Penjelasannya

Ananta
Sabtu 27 Mei 2023, 22:36 WIB
Olahraga di Sore atau Malam Hari Ternyata Lebih Efektif Mengontrol Gula Darah, Seperti ini Penjelasannya (Sumber : freepik.com)

Olahraga di Sore atau Malam Hari Ternyata Lebih Efektif Mengontrol Gula Darah, Seperti ini Penjelasannya (Sumber : freepik.com)

LABVIRAL.COM - Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa berolahraga di sore atau malam hari dapat membantu mengontrol gula darah lebih baik daripada aktivitas fisik lainnya yang dilakukan sepanjang hari.

Dilansir dari laman Heathline.com, penelitian menyimpulkan bahwa berolahraga di antara tengah hari dan tengah malam secara signifikan dapat menurunkan resistensi insulin dibandingkan dengan aktivitas di awal hari.

"Tujuan kami adalah untuk menyelidiki hubungan antara waktu aktivitas fisik dan waktu istirahat dengan kadar lemak hati dan resistensi insulin pada populasi paruh baya," kata penulis utama studi ini, Jeroen van der Velde, PhD, Departemen Epidemiologi Klinis di Leiden University Medical Center.

Baca Juga: 4 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan, Mulai dari Menjaga Kesehatan Jantung hingga Mengurangi Risiko Diabetes

Semua Partisipan Mengalami Kelebihan Berat Badan atau Obesitas

Tim peneliti menganalisis data dari studi Netherlands Epidemiology of Obesity (NEO), yang mencakup pria dan wanita berusia 45 dan 65 tahun yang memiliki indeks massa tubuh (BMI) 27 atau lebih besar, yang berarti mereka mengalami kelebihan berat badan atau obesitas.

Mereka kemudian mengundang semua penduduk berusia antara 45 dan 65 tahun dengan BMI yang mewakili populasi umum dari satu kotamadya di Belanda sebagai kelompok kontrol, untuk populasi penelitian yang berjumlah hampir 6.700 orang.

Semua peserta menjalani pemeriksaan fisik di mana sampel darah diambil juga untuk mengukur kadar glukosa darah dan insulin ketika mereka berpuasa dan setelah makan.

Baca Juga: Sebenarnya Seperti Ini Manfaat Olahraga Bagi Penderita Diabetes yang Perlu kamu Ketahui

Mereka juga ditanyai tentang gaya hidup mereka dan beberapa orang dipilih untuk diukur kadar lemak hatinya dengan pemindaian MRI.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait
Style

Rekomendasi 7 Obat Alami Atasi Diabetes

Senin 27 Maret 2023, 07:16 WIB
Rekomendasi 7 Obat Alami Atasi Diabetes
Berita Terkini