Mengenal Stiff Person Syndrome, Penyakit Langka yang Diderita Celine Dion

Sunardi
Minggu 28 Mei 2023, 13:15 WIB
Sosok Celine Dion yang alami penyakit stiff person syndrome. (Sumber : Instagram/celinedion)

Sosok Celine Dion yang alami penyakit stiff person syndrome. (Sumber : Instagram/celinedion)

LABVIRAL.COM - Sosok Celine Dion kembali menjadi sorotan publik setelah merilis single terbarunya bertajuk "Love Again". Celine sebelumnya diketahui telah rehat sejena dari industri musik lantaran gangguan saraf yang dideritanya.

Penyanyi perempuan kelahiran Charlemagne, Kanada, tersebut 30 Maret 1968 diketahui mengidap stiff person syndrome. Penyakit Stiff person syndrome itu menyerang saraf langka yang membuat otot kaku dan kejang.

Salah satu sebab utama stiff person syndrome adalah penyakit autoimun. Gejala stiff person syndrome bisa dirasakan oleh penderita seerti adanya kekauan otot pada badan dan perut bagian tengah.

Selain itu, jika dibiarkan maka penyakit ini akan semakin parah. Stiff person syndrome bisa menyebabkan kekauan dan kejang pada kaki dan otot lainnya.

Baca Juga: Lirik Lagu Ashes Celine Dion, Miliki Makna Kebangkitan dan Keterpurukan

Baca Juga: 5 Fakta Mengejutkan Celine Dion, Rilis Lagu Baru dan Idap Penyakit Saraf Langka


Penyebab stiff person syndrome

Menurut beberapa ahli, penyebab pasti stiff person syndrome belum diketahui. Namun, banyak yang mengira bahwa penyebab stiff person syndrome lantaran kondisi autimun, yakni kondisi di mana sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel yang sehat.

Pengidap stiff person syndrome ini memiliki kondisi di mana sistem tubuh yang menyerang protein yang disebut dekarboksilase asam glutamat. Keberadaan protein terseut akan membuat zat yang disebut asam gamma-aminobutirat. Zat asam tersebut mengatur saraf dengan mengurangi aktivitas saraf.

 

Gejala stiff person syndrome

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini