Kenali Apa Itu Nikotin dalam Rokok dan Efek Sampingnya

Sunardi
Minggu 28 Mei 2023, 15:15 WIB
Ilustrasi tanaman tembakau yang mengandung nikotin. (Sumber : Freepik.com/jcomp)

Ilustrasi tanaman tembakau yang mengandung nikotin. (Sumber : Freepik.com/jcomp)

LABVIRAL.COM - Salah satu zat yang ada di dalam rokok adalah nikotin. Zat satu ini ada di semua produk tembakau yang bisa membuat penggunanya kecanduan.

Keberadaan nikotin memang biasa ditemui setiap produk rokok. Biasanya selain rokok, sekarang populer dalam bentuk cairan rokok elektrik atau vape.

Nikotin memang jadi salah satu zat adiktif. Banyak pro dan kontra terkait keberadaan zat satu ini. Mulai dari industri medis dan industri rokok sama-sama saling memperebutkan zat nikotin.

Lalu, sebenarnya apa itu nikotin dalam rokok dan efek sampingnya?

Baca Juga: 5 Rokok Termahal di Indonesia, Ada yang Capai 1 Jutaan Gaes

Baca Juga: 5 Rekomendasi Harga Rokok Murah Ternama di Bawah Rp20 Ribu, Dompet Tipis Kuy Simak!

Apa itu Nikotin?

Melansir dari laman kompas.com yang mengutik Food and Drug Administration (FDA) atau Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat, bahwa nikotin berasal dari spesies Nicotona. Spesies tersebut seperti tanaman tembakau. Semua produk yang ada tembakaunya pasti mengandung nikotin.

Nikotin sendiri merupakan senyawa kimia yang memiliki sifat adiktif. Adanya sifat adiktif inilah yang kemudian membuat nikotin bisa memiliki rasa candu bagi yang mengonsumsinya.

Nikotin memang populer digunakan dalam olaha produk rokok. Namun, pada perkembangan dewasa ini, nikotin juga bisa dijumpai dalam produk cairan rokok elektrik.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini