9 Kandungan Rokok yang Membuatnya Berbahaya untuk Kesehatan, dari Nikotin hingga Amonia

Sunardi
Minggu 28 Mei 2023, 16:16 WIB
Ilustrasi seseorang sedang merokok. (Sumber : Freepik.com/wirestock)

Ilustrasi seseorang sedang merokok. (Sumber : Freepik.com/wirestock)

LABVIRAL.COM - Salah satu kebiasaan manuasia yang susah dihilangkan adalah merokok. Rokok di Indonesia sudah menjadi komoditas tersendiri. Namun, siapa yang tahu kalau kandungan rokok yang membuatnya berbahaya untuk kesehatan.

Kandungan rokok bisa dianggap berbaha karena terdapat beberapa zat di dalamnya. Tak hanya nikotin saja, ada jga Tar, karbon monoksida, hidrogen sianida, benzena, formaldehida, arsenik, kadmium, dan amonia.

Lalu, seperti apa penjelasan dari zat-zat tersebut? Yuk, simak!

1. Nikotin

Ilustrasi tanaman tembakau yang mengandung nikotin.Ilustrasi tanaman tembakau yang mengandung nikotin. (Freepik.com/jcomp)

Salah satu kandungan rokok yang memiliki efek samping adalah nikotin. Nikotin adalah salah satu senyawa yang terdapat dalam rokok. Senyawa ini memiliki efek adiktif yang kuat dan menjadi penyebab utama ketergantungan pada rokok.
Ketika seseorang merokok, nikotin cepat masuk ke dalam aliran darah dan mencapai otak, menghasilkan efek penenang dan perasaan kenikmatan sementara.

Baca Juga: 5 Rokok Termahal di Indonesia, Ada yang Capai 1 Jutaan Gaes

Baca Juga: 5 Rekomendasi Harga Rokok Murah Ternama di Bawah Rp20 Ribu, Dompet Tipis Kuy Simak!

2. Tar

Ilustrasi seseorang memegang rokok.Ilustrasi seseorang memegang rokok. (Freepik.com/nensuria)

Selain nikotin, ada juga kandungan Tar. Tar adalah zat lengket berwarna hitam yang terbentuk saat bahan-bahan organik dalam rokok terbakar. Zat ini mengandung berbagai senyawa karsinogenik (penyebab kanker) dan berpotensi merusak sistem pernapasan.

3. Karbon Monoksida

Ilustrasi keberadaan karbon monoksida.Ilustrasi keberadaan karbon monoksida. (Freepik.com/wirestock)

Karbon monoksida adalah gas beracun yang dihasilkan oleh pembakaran rokok. Gas ini mengikat erat pada hemoglobin dalam darah, mengurangi kapasitas darah untuk mengangkut oksigen. Akibatnya, organ-organ tubuh tidak mendapatkan oksigen yang cukup, dan ini dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan serius.

4. Hidrogen Sianida

Ilustrasi zat hidrogen sianida.Ilustrasi zat hidrogen sianida. (freepik.com)

Kandungan lainnya yang ada di dalam rokok adalah hidrogen sianida. Zat tersebut biasanya terdapat dalam industri tekstil, plastik, kertas, dan sering dipakai sebagai bahan pembuat asap pembasmi hama. Hidrogen sianida berbahaya bagi tubuh karena bisa merusak otak, jantung, pembuluh darah, dan paru-paru.

5. Benzena

Ilustrasi rokok.Ilustrasi rokok. (freepik.com)

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini