3 Kandungan Rokok Elektrik yang Membuatnya Berbahaya

Sunardi
Selasa 30 Mei 2023, 15:15 WIB
Ilustrasi rokok elektrik. (Sumber : Freepik.com/Racool_studio)

Ilustrasi rokok elektrik. (Sumber : Freepik.com/Racool_studio)

LABVIRAL.COM - Mengetahui kandungan rokok elektrik yang membuatnya berbahaya jadi sesuatu yang penting. Rokok elektrik atau yang biasa dikenal sebagai rokok vape telah menjadi populer dalam beberapa tahun terakhir.

Banyak orang yang beralih ke rokok elektrik sebagai alternatif rokok tradisional, dengan harapan mengurangi risiko kesehatan yang terkait dengan merokok. Namun, perlu dipahami bahwa meskipun rokok elektrik dianggap lebih aman daripada rokok tembakau, keberadaan rokok elektrik tidak sepenuhnya bebas risiko.

Vape bekerja dengan cara memanaskan cairan di dalam tabung, kemudian mengubahnya menjadi uap. Namun, kandungan yang ada di dalam rokok elektrik bisa memicu berbagai penyakit.

Kandungan Rokok Elektrik

Ilustrasi rokok elektrik.Ilustrasi rokok elektrik. (Freepik.com/Racool_studio)

Berikut ini adalah beberapa kandungan rokok elektrik yang membuatnya berbahaya.

1. Nikotin

Salah satu kandungan utama rokok elektrik adalah nikotin. Nikotin adalah zat adiktif yang dapat menyebabkan kecanduan dan memiliki efek merusak pada tubuh. Meskipun beberapa cairan rokok elektrik tersedia dalam varian tanpa nikotin, sebagian besar produk mengandung jumlah yang bervariasi dari zat ini.

Keberadaan nikotin ini tidak baik bagi kesehatan paru-paru karena dapat menyebabkan kerusakan pada paru-paru permanen. Selain itu, nikotin juga bisa meningkatkan risiko terkena kanker paru-paru.

2. Propilen Glikol

Salah satu zat adiktif yang ada di dalam rokok elektrik adalah propilen glikol. Jenis zat ini tidak begitu berbahaya karena ditemukan di berbagai jenis makanan, seperti popcorn, es krim, salad, dan lain-lain. Namun, adanya uap dari zat tersebut dapat membuat mata iritasi. Selain itu, mengonsumsi zat ini berbahaya bagi para pengidap asma.

3. Gliserin

Zat adiktif lainnya yang terkandung dalam rokok elektrik adalah gliserin. Jenis zat ini memang tidak bau dan tidak memiliki warna. Selain itu, zat ini bisa dikenali dengan rasanya yang manis. Meskipun zat umumnya dianggap aman, efek jangka panjangnya pada kesehatan masih perlu diteliti lebih lanjut.


Bahaya bagi Kesehatan

Ilustrasi keluarga sehat.Ilustrasi keluarga sehat. (freepik.com)

1. Dampak pada Paru-paru

Studi telah menunjukkan bahwa penggunaan rokok elektrik dapat memiliki dampak negatif pada paru-paru. Penggunaan jangka panjang dapat menyebabkan peradangan paru-paru, batuk, dan sulit bernapas.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini