5 Efek Samping Operasi Bariatrik, dari Penggumpalan Darah hingga Kekurangan Gizi

Sunardi
Kamis 22 Juni 2023, 09:43 WIB
Ilustrasi seseorang yang menjalani operasi. (Sumber : freepik.com)

Ilustrasi seseorang yang menjalani operasi. (Sumber : freepik.com)

LABVIRAL.COM - Operasi bariatrik merupakan salah satu prosedur bedah yang bertujuan untuk menurunkan berat badan. Prosedur ini dapat dilakukan dengan cara mengubah bentuk lambung dan usus. Namun, tak semua orang bisa melakukan operasi bariatrik ini.

Namun, siapa sangka meski aman dilakukan, bukan berarti operasi bariatrik ini tidak memiliki efek samping. Risiko efek samping pada operasi ini bisa saja terjadi.

Dengan adanya prosedur yang benar sesuai pengawasan dokter, operasi bariatrik tetap berisiko memiliki efek samping. Jika terdapat efek samping ini, pastikan selalu konsultasi dengan dokter.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Operasi Bariatrik, Prosedur dan Manfaatnya

Baca Juga: Segini Biaya Operasi Bariatrik yang Dijalani Melly Goeslaw, Mahal Nggak Ya?

Efek Samping Operasi Bariatrik

Ilustrasi tindakan operasi yang dilakukan oleh para dokter.Ilustrasi tindakan operasi yang dilakukan oleh para dokter. (Freepik.com/gpointstudio)

1. Penggumpalan darah

Efek samping operasi bariatrik pertama adalah penggumpalan darah. Para pasien setelah operasi harus menggunakan stoking khusus kaki atau mengonsumsi obat pengencer darah.

2. Infeksi luka

Efek samping operasi bariatrik berikutnya adalah infeksi luka. Biasanya luka bekas operasi bisa terinfeksi saat sedang sembuh. Beberapa tanda-tanda infeksi luka seperti: rasa sakit di dalam atau di sekitar luka kulit merah, panas dan bengkak, dan nanah yang berasal dari luka.

3. Pita lambung terlepas

Efek samping operasi bariatrik ketiga adalah pita lambung terlepas dari tempatnya. Hal ini bisa membuat rasa mual dan maag. Jika rasa sakit setelah operasi tak kunjung hilang, segera periksakan diri ke dokter

Baca Juga: Mengenal Operasi Bariatrik Dijalani Melly Goeslaw: Syarat, Resiko dan Siapa Saja yang Boleh Menjalaninya

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini