7 Jenis Sayuran yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Mentah, Bisa Picu Keracunan

Aprilia
Rabu 12 Juli 2023, 11:24 WIB
Sayur mentah (dailymail.com)

Sayur mentah (dailymail.com)

LABVIRAL.COM - Sayuran dikenal sebagai salah satu bahan pangan yang menyehatkan. Kandungan serat dalam sayur berguna untuk tubuh dan kesehatan.

Ada banyak sekali jenis sayuran yang bisa dikonsumsi dan cara penbolahannya. Sayuran dapat dikonsuumsi dengan berbagai macam cara, seperti direbus , tumis atau dimakan mentah-mentah seperti timun, kacang panjang atau daun kemangi.

Namun, wajib diketahui bahwa tidak semua jenis sayuran bisa dikonsumsi langsung atau dimakan mentah lantaran bisa bikin keracunan.

Berikut 7 sayuran yang sebaiknya diolah dulu sebelum dikonsumsi melansir dari WebMD:

1. Kentang

Kentang merupakan salah satu sumber karbohidrat terbaik. Namun jika tidak diolah sampai matang, kandungan solanin dalam kentang justru dapat mengakibatkan keracunan.

2. Terong 

Terong juga mengandung solanin yang dapat menyebabkan masalan pencernaan dan keracunan jika dikonsumsi mentah-mentah.

3. Buncis

Buncis dikenal sebagai salah satu sayur sumber vitamin A dan C. Namun buncis mentah juga mengandung antinutrien bernama lectin. 

Kandungan ini bisa membatasi kemampuan tubuh dalam menyerap vitamin dan mineral, serta bisa memicu masalah pencernaan. Proses memasak bisa mengurangi kandungan lectin.

4. Bayam

Bayam kerap dijadikan bahan salad dan dikonsumsi mentah. Namun jika terlalu banyak mengkonsumsi bayam mentah akan mengakibatkan penyerapan kalsium di tubuh terbatas dan mendorong terjadinya pembentukan batu ginjal. 

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini