Sehatkah Tidur Mengenakan Kaus Kaki? Ini Kata Ahli

Zahwa Elia Azzahra
Jumat 17 Maret 2023, 21:23 WIB
Seorang wanita tidur pakai kaus kaki. (Sumber : Pixabay.com/Claudio_Scott)

Seorang wanita tidur pakai kaus kaki. (Sumber : Pixabay.com/Claudio_Scott)

LABVIRAL.COM - Apakah kamu mempunyai kebiasaan mengenakan kaus kaki saat tidur? Kalau iya, pasti kamu merasa nyaman, membuat tubuh lebih rileks dan membuat kaki terasa hangat.

Ahli menjelaskan mengenakan kaus kaki saat tidur sangat normal dan dapat membantu seseorang tidur lebih nyenyak karena kaki yang lebih dingin menyempitkan pembuluh darah dan secara signifikan menurunkan sirkulasi darah. 

"Namun, ini tidak berarti bahwa tidak mengenakan kaus kaki itu buruk, jadi, bagaimanapun, baik-baik saja tergantung pada bagaimana perasaan kamu," kata Dr R R Dutta, HOD Penyakit Dalam, Paras Hospitals, Gurugram.

Baca Juga: Minuman Manis dan Bersoda Sebabkan Rambut Rontok Pada Pria

Sependapat dengan dr Dutta, Dr Aditya S Chowti, Konsultan Senior, Penyakit Dalam, Rumah Sakit Fortis, Cunningham Road, Bangalore mengatakan adalah hal yang baik untuk memakai kaus kaki di malam hari selama musim dingin untuk menjaga kaki tetap hangat dan terlindungi. 

"Wanita mungkin merasa terbantu untuk mendinginkan suhu inti mereka. Ini juga mengurangi tumit kering dan diketahui meningkatkan sirkulasi darah," jelasnya.

Baca Juga: Sering Alami Mimpi Buruk? Yuk, Baca 2 Doa Ini Agar Tidurmu Jadi Nyenyak

Berikut ini, Labviral.com melansir dari laman Indianexpress, beberapa manfaat mengenakan kaus kaki saat tidur di malam, yaitu :

  •  Keuntungan utama memakai kaus kaki sebelum tidur adalah membuat tubuh tetap hangat, terutama di musim dingin.
  •  Ini juga menjaga kaki agar kulit tidak kering.
  •  Mengenakan kaus kaki saat tidur dapat meningkatkan aliran darah ke kaki dan kehilangan panas melalui kulit, yang membantu menurunkan suhu inti tubuh. Sehingga, seseorang bisa tertidur lebih cepat.
  • Mengenakan kaus kaki ke tempat tidur meningkatkan aliran darah ke kaki.
  • Studi telah mengamat menggunakan kaus kaki saat tidur di lingkungan yang sejuk ditemukan memiliki efek positif pada kualitas tidur.

Efek Samping

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini