4 Cara Mengatasi Asam Urat di Tangan Secara Alami

Sunardi
Jumat 18 Agustus 2023, 10:21 WIB
Ilustrasi asam urat yang terjadi di tangan. (Sumber : freepik.com)

Ilustrasi asam urat yang terjadi di tangan. (Sumber : freepik.com)

LABVIRAL.COM - Asam urat adalah kondisi medis yang terjadi ketika kadar asam urat dalam tubuh meningkat secara berlebihan, menyebabkan kristal-kristal asam urat menumpuk di dalam persendian. Ini dapat mengakibatkan rasa sakit, pembengkakan, dan peradangan pada persendian tertentu, termasuk tangan.

Asam urat di tangan bisa sangat mengganggu, membatasi gerakan, dan memengaruhi kualitas hidup kita. Namun, ada berbagai cara alami yang dapat kita coba untuk mengatasi masalah ini tanpa perlu bergantung pada obat-obatan. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa strategi alami yang dapat membantu mengurangi gejala asam urat di tangan.

Cara Mengatasi Asam Urat di Tangan Secara Alami

Perubahan Pola Makan

Pola makan yang sehat dan seimbang dapat berkontribusi besar dalam mengatasi asam urat di tangan. Beberapa langkah yang dapat diambil, antara lain:

  • Kurangi Konsumsi Purin

Purin adalah senyawa yang berkontribusi pada produksi asam urat dalam tubuh. Makanan yang tinggi purin seperti daging merah, hati, kerang, dan daging organ lainnya sebaiknya dihindari atau dikonsumsi dalam jumlah terbatas.

  • Pilih Makanan Rendah Purin

Konsumsi makanan yang rendah purin seperti sayuran hijau, buah-buahan, kacang-kacangan, dan produk susu rendah lemak dapat membantu mengurangi produksi asam urat.

  • Minum Banyak Air Putih

Air putih membantu menghilangkan asam urat melalui urine. Pastikan untuk minum cukup air setiap hari untuk menjaga tubuh terhidrasi.

  • Batasi Konsumsi Alkohol dan Gula

Alkohol dan gula berkontribusi pada peningkatan produksi asam urat. Mengurangi atau menghindari konsumsi alkohol dan gula dapat membantu mengendalikan kadar asam urat dalam tubuh.

2. Pengelolaan Berat Badan

Kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko terjadinya asam urat. Menjaga berat badan ideal melalui diet sehat dan olahraga rutin dapat membantu mengurangi tekanan pada sendi dan mengontrol produksi asam urat.

3. Memposisikan lengan lebih tinggi dari tubuh saat tidur

Salah satu faktor yang membuat urat terlihat lebih menonjol adalah gangguan aliran darah. Oleh karena itu, salah satu cara mengatasi hal ini adalah dengan memfasilitasi kelancaran aliran darah, salah satunya dengan mengangkat lengan ke posisi yang lebih tinggi.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait
Style

Penyebab Asam Urat Tinggi di Usia Muda

Senin 24 Juli 2023, 20:23 WIB
Penyebab Asam Urat Tinggi di Usia Muda
Berita Terkini