5 Penyebab Pusing saat Bangun Tidur dan Cara Mengatasinya

Sunardi
Sabtu 19 Agustus 2023, 08:21 WIB
Ilustrasi seseorang mengalami kepala pusing setelah bangun tidur. (Sumber : Freepik.com/jcomp)

Ilustrasi seseorang mengalami kepala pusing setelah bangun tidur. (Sumber : Freepik.com/jcomp)

LABVIRAL.COM - Kondisi bangun tidur dengan kepala pusing memang sangat mengganggu. Oleh karena itu, sangat penting mengetahui penyebab pusing saat bangun tidur dan cara mengatasinya.

Di antara kita memang menginginkan kondisi bangun tidur dengan kondisi segar. Namun, tanpa kita inginkan, kadang-kadang ketika bangun tidur kita merasakan sakit kepala.

Pusing saat baru bangun tidur bisa muncul perlahan atau tiba-tiba. Gejalanya singkat dan hilang sendiri dalam beberapa menit. Namun, terkadang pusing saat baru bangun tidur bisa berlangsung hingga beberapa jam, membuat kita sulit beraktivitas.

Baca Juga: 6 Bahaya Terlalu Banyak Minum Teh, Bikin Cemas hingga Sakit Kepala

Baca Juga: Ketahui Sakit Kepala pada Anak: Penyebab, Gejala, dan Pengobatannya

Lalu, apa saja yang menjadi penyebab pusing saat bangun tidur dan cara mengatasinya? Yuk, simak ulasan berikut ini.

Penyebab Pusing saat Bangun Tidur

1. Hipotensi ortostatik

Penyebab pusing saat bangun tidur yang pertama yakni hipotensi ortostatik. Kondisi ini terjadi ketika tekanan darah saat seseorang bangun dari posisi duduk atau terbaring. Kondisi ini juga disebut sebagai hipotensi postural.

2. Dehidrasi

Penyebab pusing saat bangun tidur yang kedua yakni dehidrasi. Kondisi ini bisa menyebabkan rasa pusing ketika bangun tidur. Jika kamu tidur di tempat yang terlalu panas, kamu mungkin kurang minum air putih atau terlalu banyak minum kopi, teh, atau minuman beralkohol sebelum tidur. Dehidrasi juga dapat menyebabkan muntah-muntah dan diare.

3. Vertigo

Penyebab pusing saat bangun tidur berikutnya yakni vertigo. Beberapa orang yang mengalami vertigo dapat mengalami gejala seperti kepala berputar atau merasa bahwa lingkungan di sekitarnya melayang. Kelainan di telinga bagian dalam atau bagian otak yang bertanggung jawab atas keseimbangan dan koordinasi tubuh biasanya menyebabkan vertigo.

4. Gula darah rendah

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait
Tech

Kepala Pusing Saat Pakai Helm?

Sabtu 25 Maret 2023, 12:01 WIB
Kepala Pusing Saat Pakai Helm?
Berita Terkini