Bahaya! Diabetes Bisa Diidap Anak Muda di Bawah Umur 45 Tahun

Zahwa Elia Azzahra
Sabtu 18 Maret 2023, 23:32 WIB
Ilustrasi, seseorang mengonsumsi buah untuk meredakan diabetes

Ilustrasi, seseorang mengonsumsi buah untuk meredakan diabetes

LABVIRAL.COM - Diabetes merupakan penyakit yang dapat menyerang semua golongan umur, termasuk anak muda.

Pada umur yang masih muda, kebanyakan orang cenderung mempunyai pola makan yang tidak sehat. Sebagai contoh, banyak anak muda yang lebih menyukai fast food dan makanan-makanan manis seperti donat, kue, hingga minuman boba, dibanding mengonsumsi makanan sehat.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Diabetes Endokrinologi, Dicky Levenus Tahapary, mengatakan, satu dari sepuluh orang di Indonesia mengidap penyakit diabetes.

Baca Juga: Kenali Ciri Diabetes Tipe 1, Bisa Dialami Orang Dewasa Hingga Anak-anak

Lalu, sebanyak 86 persen kasus diabetes ternyata tidak terdiagnosa. Prevalensi umur yang terkena penyakit diabetes ini juga makin muda. Sebanyak 25 persen pasien berumur di bawah 45 tahun.

Dicky mengatakan, perjalanan seseorang dari sehat hingga terkena diabetes terbilang cukup panjang. Jika mengetahui sejak dini, seseorang bisa mencegah diabetes sehingga kesehatannya terjaga dengan baik. 

“Di Indonesia, karena tidak terkendali dengan baik, tidak terdiagnosis sedini mungkin, dan banyak terjadi pada usia muda. Akhirnya, komplikasi pada pasien cenderung lebih banyak. Jadi, sebisa mungkin kenali faktor sedini mungkin,” ujar Dicky dalam diskusi virtual "Cegah dan Kendalikan Diabetes untuk Masa Depanmu", baru-baru ini.

Baca Juga: Lirik Lagu 'Jangan Sampai Pasrah' Hanin Dhiya x Sabyan Ceritakan Kehidupan Manusia yang Pastinya Mengalami Cobaan

Selain obesitas dan gaya hidup, diabetes termasuk penyakit turunan. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa risiko seorang anak terkena penyakit diabetes akan lebih besar, ketika ibunya juga memiliki penyakit ini.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini