Suka Timbun Barang Bekas hingga Sampah di Kamar Tidur, Mari Mengenal Gejala, Penyebab dan Cara Sembuhkan Hoarding Disorder

Bonifasius Sedu Beribe
Senin 04 Maret 2024, 14:46 WIB
Apakah benar, seseorang yang sering menimbun barang itu punya gangguan jiwa? (Sumber: Tangkapan Layar Youtube Dokter 24)

Apakah benar, seseorang yang sering menimbun barang itu punya gangguan jiwa? (Sumber: Tangkapan Layar Youtube Dokter 24)

LABVIRAL.COM - Pernahkah kamu melihat video ada orang yang menimbun barang bekas pakai termasuk sampah dalam kamar tidur? Atau ada orang dekat kamu yang melakukannya? Atau, apakah kamu sendiri punya perilaku itu?

Wah, ini parah nih!

Di media sosial, beberapa kali sempat ramai adanya video yang memperlihatkan sebuah kamar kos yang penuh dengan timbunan barang, bahkan sampah. Kondisi itu memperlihatkan seolah kamar tersebut tak pernah dibersihkan.

Baca Juga: Bocoran Strategi Dagangan Laris di Bulan Ramadhan, Siap-siap Laku Keras

Kamu tentu bertanya, apakah benar seseorang yang sering menimbun barang itu punya gangguan jiwa? dr. G. Maria Silvia, MSc, SpMK melalui chanel Youtube Dokter 24 menjelaskan apa yang terjadi.

Kondisi ini disebut dengan Hoarding Disorder, yaitu gangguan psikologis yang ditandai dengan kesulitan membuang atau berpisah dengan barang-barang yang tidak memiliki nilai atau manfaat karena merasa perlu menyimpannya.

Penderita Hoarding Disorder ini biasanya menumpuk banyak barang di tempat tinggalnya, sehingga memenuhi isi ruangan.

“Penyebab Hoarding Disorder belum diketahui secara pasti, tetapi ada beberapa faktor risiko yang bisa memicunya, misalnya faktor genetik, gangguan mental, trauma, stres atau kesulitan ekonomi,” katanya.

Baca Juga: Cewek Punya 15 Bahasa Tubuh Ajaib Sebagai Kode ke Cowok Saat Dia Jatuh Cinta Berat, Jangan Diabaikan!

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini