6 Tips Redakan Batuk yang Tidak Diinfokan Dokter, Tanpa Pakai Obat dan Dijamin Langsung Sembuh

Bonifasius Sedu Beribe
Rabu 06 Maret 2024, 11:16 WIB
Untuk mengatasi batuk yang sering kambuh ini, Labviral akan memberikan tips menghilangkan batuk, yang mungkin kamu belum pernah tahu (Sumber: Freepik.com/benzoix)

Untuk mengatasi batuk yang sering kambuh ini, Labviral akan memberikan tips menghilangkan batuk, yang mungkin kamu belum pernah tahu (Sumber: Freepik.com/benzoix)

LABVIRAL.COM - Siapa yang sering batuk saat musim hujan seperti ini? Atau, apakah ada yang batuk dalam jangka waktu seminggu sampai 2 minggu?

Untuk mengatasi batuk yang sering kambuh ini, Labviral akan memberikan tips menghilangkan batuk, yang mungkin kamu belum pernah tahu.

Batuk adalah mekanisme alami tubuh untuk membersihkan jalur pernafasan dan jalur pencernaan di tenggorokan. Batuk yang normal biasanya hanya berlangsung 1 sampai 2 hari, tapi terkadang jika ada infeksi virus, bakteri ataupun terpapar asap yang kotor seperti asap rokok hingga asap kendaraan, batuk bisa berlangsung lebih lama hingga 2-3 minggu.

Baca Juga: Mau Usir Jin dan Demit dari Rumah? Cukup Taruh Dua Benda ini di Rumah. Jin dan Demit Gak Bakal Berani, Tips dari Mbah Suparni

Maka selain terapi ataupun obat-obatan dari dokter, diperlukan tips-tips khusus untuk mempercepat redahnya batuk, agar kamu cepat sembuh dari batuk. Apa saja tipsnya?

1. Pertahankan udara lingkungan sekitar tetap lembab dan tidak begitu kering

Lingkungan yang kering, panas dan banyak angin, bisa merangsang batuk. Selain batuk, biasanya disertai hidung tersumbat saat berada di ruangan ber-AC yang jarang dibersihkan.

Jika kamu batuk tanpa sebab dan infeksi berkepanjangan, maka kamu harus coba mengecek udara di sekitar lingkungan kamu.

2. Banyak minum air

Tenggorokan yang terlalu kering juga bisa merangsang batuk. Kamu tidak hanya batuk kering, tapi juga batuk berdahak yang berlendir di area tenggorokan.

“Dengan kita sering minum, dapat mengencerkan lendir tersebut sehingga lebih mudah untuk keluar dari tubuh kita atau lebih mudah tertelan. Pada batuk kering, air sangat membantu untuk melembabkan area tenggorokan, sehingga meredakan batuk lebih cepat,” kata Dokter Ema dari chanel Youtube dr.Emasuperr.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini