Sensasi Kaki Panas Seperti Terbakar Api, Jangan Disepelekan karena Jadi Pertanda Penyakit Serius

Bonifasius Sedu Beribe
Rabu 06 Maret 2024, 14:46 WIB
Sensasi panas atau rasa panas seperti terbakar api pada kaki memang dapat terjadi sewaktu-waktu. Hal ini disebabkan oleh berbagai macam hal (Sumber : Tangkapan Layar Youtube Halosehat)

Sensasi panas atau rasa panas seperti terbakar api pada kaki memang dapat terjadi sewaktu-waktu. Hal ini disebabkan oleh berbagai macam hal (Sumber : Tangkapan Layar Youtube Halosehat)

LABVIRAL.COM - Sensasi panas atau rasa panas seperti terbakar api pada kaki memang dapat terjadi sewaktu-waktu. Hal ini disebabkan oleh berbagai macam hal. Rasa panas ini umumnya terjadi pada malam hari, dan biasa terjadi secara ringan hingga parah.

dr. Deta Yuliani Oka melalui chanel Youtube Halosehat menyampaikan bahwa penyebab umum kaki terasa panas ini terjadi akibat adanya kerusakan saraf, namun ada beberapa penyebab lain yang bisa mendasarinya.

“Penyebab pertama adalah neuropati diabetes. Ini merupakan penyebab paling umum. Hal ini terjadi akibat adanya kerusakan saraf serta merupakan komplikasi antara diabetes tipe 1 dan tipe 2. Selain rasa panas seperti terbakar, juga diikuti dengan rasa sakit, kesemutan hingga mati rasa,” katanya.

Baca Juga: Cara Hilangkan Iklan di HP Samsung a03, Iklan Langsung Hilang Sampai Akar-akarnya, GRATIS

Penyebab yang kedua adalah paparan logam berat. Ini terjadi ketika tubuh terpapar logam seperti arsenik, timbal dan merkuri. Bagi orang yang melakukan aktivitas yang bersentuhan langsung dengan kontaminasi logam berat, semakin lama logam berat akan menumpuk di dalam tubuh dan merusak saraf yang mengakibatkan munculnya rasa panas seperti terbakar pada kaki.

“Ke tiga, penyakit GBS. Ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang menyerang sistem saraf perifer. Namun, penyakit ini cukup langka. Selain rasa panas pada kaki, penderita akan merasakan kelemahan pada tungkai kaki,” sambungnya.

Alasan lain adalah menopause, yang terjadi pada wanita berusia 45 hingga 55 tahun. Kondisi menopause ini bisa membuat suhu tubuh lebih meningkat dari biasanya dan menyebabkan timbulnya rasa panas pada beberapa bagian tubuh.

Baca Juga: Cara Mengajarkan Anak Kucing Pup di Bak Pasir, Gampang Banget Caranya, Tinggal Lakukan Hal ini, Auto Anabul Jadi Mandiri

Dari semua penjelasan ini, semoga kamu tidak mengalaminya secara serius dan segera sembuh. Jika kondisi kaki panas seperti sensasi terbakar ini terlalu sering dirasakan, kamu disarankan melakukan pemeriksaan kesehatan agar langsung ditindak oleh tenaga medis yang ahli.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini