Introvert! 6 Alasan Ini Membuatmu Tak Suka Berada di Sekitar Orang Lain, Masalah Psikologis Ini Sangat Mengganggu

Bonifasius Sedu Beribe
Selasa 19 Maret 2024, 16:34 WIB
Sebenarnya, ada beberapa alasan mengapa seseorang menghindari interaksi sosial, dan tak ingin berada di sekitar orang lain (Sumber : Freepik)

Sebenarnya, ada beberapa alasan mengapa seseorang menghindari interaksi sosial, dan tak ingin berada di sekitar orang lain (Sumber : Freepik)

LABVIRAL.COM – Di sekitarmu, tentu ada orang yang tak mau melakukan interaksi dengan orang lain. Entah itu di rumah, sekolah atau tempat kerja, ada saja orang yang tak suka bergaul atau tak mau berada di sekitar orang lain.

Sebenarnya, ada beberapa alasan mengapa seseorang menghindari interaksi sosial, dan tak ingin berada di sekitar prang lain. Beberapa diantaranya mungkin akan mengejutkanmu.

1. Introvert

Tahukah kamu bahwa kamu harus keluar dari zona nyamanmu dan menjadi lebih terbuka. Jika benar kamu adalah seorang introvert, sikap introvert bukanlah sebuah penyakit.

Gangguan introvert adalah sebuah ciri kepribadian yang menggambarkan mereka yang kurang supel. Introvert sering dianggap sebagai pemalu, karena sifatnya yang pendiam dan tertutup.

Namun sebenarnya, hal itu tidak selalu demikian. Introvert lebih kepada bagaimana pilihan seseorang untuk berinteraksi dengan orang lain dan bagaimana ia mengisi ulang tingkat energinya.

Tidak seperti extrovert yang perlu berada di sekitar orang lain untuk mengisi ulang energinya, introvert justru akan kehabisan energi jika berada di sekitar orang lain.

Mereka menikmati percakapan yang mendalam dengan teman dekat dan anggota keluarga, tapi mereka merasa sulit untuk terlibat dengan kelompok sosial yang besar. Inilah mengapa sangat penting bagi introvert untuk beristirahat sejenak dari pergaulan. Mereka membutuhkan ruang untuk mengisi ulang energinya.

Baca Juga: 10 Kebiasaan Buruk yang Menghancurkan Kepercayaan Diri, Kamu Melakukannya Tiap Hari dan Jangan Kaget dengan Efeknya!

2. Kepekaan pemrosesan sensorik

Orang dengan sensitifitas pemrosesan sensorik mengalami reaksi yang kuat terhadap rangsangan eksternal, yang dapat menyulitkan mereka untuk berinteraksi dalam lingkungan sosial.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini