Makan Buah Kiwi Dapat Meningkatkan Kualitas Tidur

Zahwa Elia Azzahra
Senin 20 Maret 2023, 22:11 WIB
Ilustrasi, buah kiwi

Ilustrasi, buah kiwi

LABVIRAL.COM - Rasanya yang asam dan segar, buah kiwi merupakan sumber nutrisi yang kaya akan vitamin C, A, E, K, asam amino, kalium dan kalsium yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, seperti mengatur tekanan darah, melancarkan pencernaan, meningktakan imunitas tubuh hingga mengatasi masalah rambut.

Tapi, tahukah kamu bahwa buah kiwi ini dapat meningkatkan kualitas tidur seseorang? Yap, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh jurnal Asia Pasific Journal of Clinical Nutrition mengungkapkan, buah kiwi mengandung sejumlah senyawa yang tediri dari antioksidan dan serotonin.

Kedua zat tersebut telah terbukti bermanfaat dalam pengobatan pada orang yang mengalami gangguan tidur, membantu meningkatkan kualitas tidur dan durasi tidur. Dikutip Labviral.com dari laman express, kesimpulan tersebut diambil setelah para ilmuwan melakukan penelitian pada 24 perserta yang beruisia antara 20 hingga 55 tahun.

Baca Juga: Awas Kena Sanksi! Ini 3 Kelompok Produk yang Wajib Halal di 2024

Semua peserta mengonsumsi buah kiwi satu jam sebelum tidur setiap malam selama empat minggu. Kemudian, setelah empat minggu peserta ini menunjukkan bahwa waktu terbangun di malam hari mereka berkurang dan mereka pun tidak terlalu lama untuk tertidur.

"Total waktu tidur dan efisiensi tidur mereka meningkat secara signifikan," catat para peneliti. Jadi, para peneliti kemudian menyimpulkan, dengan mengonsumsi buah kiwi dapat meningkatkan kualitas tidur dan waktu tidur yang cukup serta berkurangnya gangguan tidur.

Lebih lanjut, menurut peneliti mengapa buah kiwi ini dapat meningkatkan kualitas tidur dikarenakan kandungan serotonin yang terbukti memainkan peran dalam pengaturan siklus tidur. Sementara, Dr Michael Breus, Psikolog Kilinis dan  Ahli Pengobatan Tidur menambagkan, buah kiwi bukan satu-satunya makanan yang dapat meningkatkan kualitas tidur.

Baca Juga: Tips Membuat Cookies di Rumah, Dijamin Anti Gagal!

"Ada sejumlah jenis makanan lain yang bisa membantu tidur, seperti makanan yang mengandung magnesium dan kalium yang dipercaya membantu meningkatkan relaksasi dan sirkulasi."

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini