Ayo Buktikan! 5 Makanan Ini Dapat Sehatkan Kuku

Zahwa Elia Azzahra
Selasa 21 Maret 2023, 21:00 WIB
Ilustrasi kuku kaki sehat. (Sumber : Freepik.com/valuavitaly)

Ilustrasi kuku kaki sehat. (Sumber : Freepik.com/valuavitaly)

LABVIRAL.COM - Sudah sangat jelas bahwa kuku yang panjang, hitam dan kotor mendandakan kuku yang tidak sehat. Sama seperti bagian tubuh lainnya yang perlu dirawat, memiliki kuku yang kotor dapat menimbulkan berbagai penyakit dan menjadi sarang bakteri.

Jadi sangat penting bagi kita untuk menjaga kuku agar tetap kuat dan sehat, misalnya dengan menggunting kuku atau pergi ke salon untuk melakukan manikur sesekali. Selain itu, menurut ahli gizi Anjali Mukerjee, menyarankan untuk mengonsumsi berbagai makanan untuk meningkatkan kesehatan kuku.

Lantas apa saja sih makanan yang dapat menyehatkan kuku? Berikut ini lima makanan yang dapat membuat kuku jadi sehat alami dikutip dari laman Food NDTV oleh Labviral.com, cekidot!

Baca Juga: 10 Manfaat Kacang Tanah, Bisa Mencerahkan Kulit hingga Mengatasi Jerawat

1. Telur

Telur utuh bukan hanya sumber Vitamin D dan protein yang baik, tetapi kandungan Vitamin B12, zat besi dan biotinnya dikenal untuk meningkatkan ketebalan kuku.

2. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran berdaun hijau adalah pembangkit tenaga nutrisi karena kaya akan kalsium, zat besi dan antioksidan. Sayuran hijau seperti bayam, kangkung dan brokoli akan mencegah kuku rapuh.

Baca Juga: Jangan Dibuang, Ini 5 Manfaat Air Beras, Mulai dari Kesehatan hingga Pertumbuhan Rambut

3. Ikan

Kaya akan sumber protein, sulfur, dan asam lemak omega-3, ikan sangat baik membantu melembapkan kuku. Selain itu, ikan juga meningkatkan kekenyalan kuku, merawat yang tipis dan rapuh. 

4. Bibit Gandum

Anjali Mukerjee juga menyarankan untuk mengonsumsi bibit gandum yang merupakan sumber vitamin B dan zinc yang sangat baik, yang berkontribusi terhadap pertumbuhan kuku yang sehat. Di sisi lain, bibit gandum adalah bagian kecil dari biji gandum utuh yang meregenerasi tanaman gandum baru. 

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini