Rambut Rontok Tanda Seseorang Kekurangan Vitamin D

Zahwa Elia Azzahra
Selasa 21 Maret 2023, 21:38 WIB
Ilustrasi rambut rontok

Ilustrasi rambut rontok

LABVIRAL.COM - Vitamin D berperan dalam berbagai proses dalam tubuh, mulai dari membangun sistem kekebalan tubuh hingga menjaga kesehatan tulang agar tetap kuat.

Tetapi, ketika seseorang kekurangan vitamin D tidak hanya berdampak pada tubuh, melainkan juga berdampak pada kesehatan rambut.

Menurut Dr. Rhianna McClymont, Lead GP di penyedia layanan kesehatan digital Livi, rambut rontok adalah salah satu tanda bahwa seseorang kekurangan vitamin D. 

Baca Juga: Penyebab dan Cara Hilangkan Jerawat di Hidung

Dikutip dari laman Express, vitamin D ini diproses pada kulit oleh keratinosit yang menggambarkan sel-sel yang memproses keratin, jenis protein yang ditemukan pada rambut, kuku dan kulit.

"Jadi, ketika tubuh kekurangan vitamin D, keratinosit dalam folikel rambut mengalami kesulitan mengatur pertumbuhan dan kerontokan rambut," beber Dr. McClymont.

Menurut pedoman Pelayanan Kesehatan Nasional (NHS) mengatakan orang dewasa dan anak-anak di atas usia empat tahun harus melengkapi asupan suplemen dengan 10 mikrogram vitamin D dalam sehari.

Baca Juga: 5 Kesalahan Keramas yang Harus Dihindari, Bisa Bikin Botak

"Untuk kekurangan vitamin D ringan, mungkin cukup dengan mengonsumsi suplemen 10 mikrogram yang direkomendasikan sehari," kata Dr. McClymont.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini