Ahli Simpulkan Produk Kecantikan Berbahan Sulfur Dapat Atasi Jerawat

Zahwa Elia Azzahra
Selasa 21 Maret 2023, 21:59 WIB
Jerawat (Sumber : Freepik/cookie_studio)

Jerawat (Sumber : Freepik/cookie_studio)

LABVIRAL.COM - Belerang atau sulfur memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan kulit. Kandungan mineral alami di dalamnya dipercaya sebagai perawatan kulit alami, terutama bagi kulit berjerawat.

Belerang memiliki sifat ant-inflamasi dan antibakteri alami yang dapat membunuh bakteri, kuman, dan jamur penyebab jerawat. Selain itu belerang juga mampu mencegah bakteri baru tumbuh di permukaan kulit, serta mengurangi produksi sebum di kulit.

Untungnya, kini semakin banyak merek dan produk perawatan kulit yang memasukkan bahan belerang atau sulfur ke formula produk kecantikan tersebut.

Baca Juga: Perawatan DNA Salmon Minim Efek Samping, Benarkah?

"Belerang pertama kali ditemukan dan bermanfaat untuk mengatasi jerawat pada 1949 dan beberapa penelitian awal pada 1950-an menunjukkan itu ampuh mengatasi permasalahan kulit," jelas Dr Tim Clayton, seorang dokter kulit dan ahli jerawat yang berbasis di Manchester, dikutip Labviral.com dari laman independent.

Lebih lanjut, Clayton mengatakan walau tidak populer selama bertahun-tahun, namun belerang memiliki efek pada pengelupasan permukaan kulit dan memiliki sifat antimikroba yang dapat mengurangi iritasi dan kering pada kulit. 

"Belerang yang digunakan dapat bermanfaat dalam kasus jerawat yang lebih ringan," katanya. 

Baca Juga: Manfaat dari DNA Salmon Treatment, Bisa Cegah Penuaan Dini

Selain itu, juru bicara merek perawatan kulit mewah Gazelli menambahkan bahwa belerang digunakan dalam banyak masker wajah dan dapat digunakan untuk membantu mengendalikan dermatitis (peradangan kulit).

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini