Tak Menggunakan Tabir Surya Bisa Sebabkan Timbulnya Jerawat

Zahwa Elia Azzahra
Kamis 23 Maret 2023, 00:24 WIB
Ilustrasi - jerawat pada dagu

Ilustrasi - jerawat pada dagu

LABVIRAL.COM - Jerawat membuat seseorang tidak percaya diri. Sudah berbagai cara dilakukan untuk mengobati jerawat yang membandel, tapi masih saja tak kunjung sembuh. 

Mungkin, ada salah satu rutinitas perawatan kulit yang salah sehingga dapat memperburuk jerawat, misalnya lupa tidak menggunakan tabir surya atau sunscreen.

Konsultan dokter kulit Dr Anjiali Mahto, mengatakan jangan melupakan tabir surya. Bukan hanya di musim panas saja, sepanjang tahun harus menggunakannnya, apa pun jenis kulitnya.

Baca Juga: Bisa Bentuk Rahang Lebih Tegas, Berapa Sih Biaya Filler Dagu?

"Salah satu mitos jerawat terbesar adalah bahwa tabir surya akan menghalangi pori-pori dan menyebabkan bintik-bintik, jadi harus dihindari."

"Padahak, kulit berjerawat bisa lebih membutuhkan perlindungan matahari karena paparan sinar UV dapat meningkatkan pigmentasi. Sinar matahari juga dapat mendorong komedo sehingga justru dapat memperburuk jerawat," katanya dikutip Labviral.com dari laman express.

Dr Mahto merekomendasikan penggunaan pelembab ringan  dengan SPF 30, yang tidak berminyak dan diformulasikan khusus untuk menghidrasi dan menenangkan kulit, serta carilah produk yang dirancang untuk melindungi kulit sensitif dan rentan terhadap bintik-bintik.

Baca Juga: Sama-sama Prosedur Suntik Filler, Filler Dagu Punya Efek Samping?

Menurut Dr Mahto, rutinitas perawatan kulit yang baik sangat penting.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini