6 Tips Atasi Jerawat di Kulit Kepala, Ketahui Penyebabnya

Zahwa Elia Azzahra
Kamis 23 Maret 2023, 02:15 WIB
Ilustrasi jerawat di kulit kepala

Ilustrasi jerawat di kulit kepala

LABVIRAL.COM - Mirip dengan jerawat di wajah atau di bagian tubuh lainnya, jerawat juga bisa timbul di bagian kulit kepala. Tetapi, jerawat di kulit kepala ternyata jauh lebih menyakitkan daripada jerawat di wajah.

Ahli Dermatologi, Dr. Rachel Nazarian mengatakan hal tersebut lantaran kulit kepala memiliki kulit yang lebih tebal dibandingkan dengan kulit wajah atau kulit di bagian tubuh lainnya.

"Kulit kepala memiliki kulit yang jauh lebih kencang, jadi ketika memiliki penumpukan keratin, peradangan terjadi dan tidak memiliki banyak ruang untuk meregangkan jaringan," kata Dr. Rachel Nazarian dilansir Labviral.com dari laman skincare

Baca Juga: Masker DIY untuk Wajah Berjerawat, Hanya Perlu 5 Bahan

Apa penyebab jerawat muncul di kulit kepala?

Sementara itu, Dr. Stefani Kappel selaku pendiri lini perawatan kulit MDAiRE, mengatakan sebagian besar jerawat di kulit kepala disebabkan oleh folikulitis, peradangan yang terjadi pada folikel rambut atau tempat tumbuh rambut. 

"Folikulitis, bagaimanapun dapat disebabkan oleh banyak hal. Kulit kepala, sama seperti wajah dan tubuh, rentan terkena jerawat karena adanya minyak dan kelenjar," jelas Dr. Stefani Kappel.

"Kulit kepala sebenarnya memiliki kepadatan kelenjar minyak yang lebih tinggi, sehingga menciptakan lebih banyak sebum."

Baca Juga: Jangan Lakukan 5 Kebiasaan Ini Agar Kulit Sehat Cantik Alami

"Kelenjar minyak ini sensitif terhadap fluktuasi hormon yang sama dengan kulit di seluruh tubuh," timpal Dr Rachel Nazarian menambahkan.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini