Ini 7 Cara Alami untuk Mencegah Timbulnya Jamur di Kulit

Zahwa Elia Azzahra
Kamis 23 Maret 2023, 02:20 WIB
Ilustrasi, jamur pada kulit

Ilustrasi, jamur pada kulit

LABVIRAL.COM - Diet berlebih, kurang tidur, dan stres terus-menerus berkontribusi besar pada melemahnya kekebalan tubuh, usus, hati, dan kesehatan otak , ditambah dengan kenaikan suhu, sehingga berisiko jamur tumbuh dan berkembang biak di kulit.

"Banyak yang menyepelekan jamur tidak dapat tumbuh di kulit. Tetapi kesalahpahaman ini dapat merugikan untuk kesehatan, karena ada lebih dari 300 spesies jamur berbahaya," kata Medha Singh, seorang ahli estetika, dan ahli kosmetik dilansir dari laman indianexpress.

Menurut Singh, tidak hanya infeksi jamur yang menular, jamur juga terbukti mengancam jiwa. Jadi, apa yang bisa dilakukan seseorang untuk mencegah dan menyembuhkan infeksi jamur?

Baca Juga: Buat Jus Detoks dengan 4 Bahan Ini untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

"Ada beberapa solusi dan kebiasaan gaya hidup yang dapat dilakukan untuk mencegah timbulnya jamur di kulit melindungi dari infeksi semacam itu," jelas Singh.

Berikut ini tujuh cara alami untuk mencegah munculnya jamur pada kulit yang sudah Labviral.com rangkum dari berbagai sumber, yaitu:

1. Konsumi Rempah dan Herbal

Selama ribuan tahun, menggunakan herbal dan rempah-rempah sudah dipercaya sebagai penyembuhan untuk infeksi jamur dan sejumlah penyakit lainnya.

Banyak metode serta penggunaan berbagai bumbu dan rempah-rempah yang telah menjaga dari infeksi jamur yang berbahaya.

Beberapa di antaranya kunyit, jahe, madu, kayu manis, bawang putih, bawang merah, biji adas, daun mint, amla, dan masih banyak lagi.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini