8 Manfaat Menangis untuk Kesehatan, Salah Satunya Buat Detoksifikasi

Aprilia
Kamis 23 Maret 2023, 08:45 WIB
Ilustrasi menangis (Sumber : freepick.com)

Ilustrasi menangis (Sumber : freepick.com)

LABVIRAL.COM - Menangis adalah hal wajar yang bisa dialami siapa saja, baik anak-anak maupun dewasa. Namun, menangis sering dikaitkan dengan sikap lemah dan cengeng. Padahal ada beberapa manfaat menangis untuk kesehatan.

Dilansir dari Womens Health Mag, tubuh manusia memiliki tiga jenis air mata yaitu air mata refleks, air mata basal dan air mata emosional.

Air mata refleks merupakan air mata yang dipicu ketika ada sesuatu atau benda asing masuk ke mata. Kebanyakan air mata refleks memiliki kandungan air dan antibodi untuk melawan infeksi.

Lalu, air mata basal merupakan air yang muncul ketika mata terkena debu, folikel atau kotoran. Air mata jenis ini dapat melindungi mata dari kekeringan dan kerusakan kornea. Air mata ini mengandung minyak, air dan lendir di mana bisa membuat mata terlindungi dan terlumasi.

Terakhir, air mata emosional merupakan air mata yang keluar karena perasaan. Bisa sedih bisa saking bahagia sebagai bentuk respons dari emosi.

Ketiga jenis air mata ini memiliki manfaat untuk kesehatan baik secara fisik maupun mental bagi manusia. Apa saja manfaatnya? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini:

1. Memperbaiki penglihatan

Ilustrasi menangis

Mata bisa mengalami dehidrasi seperti tubuh. Jadi, ketika menangis kamu sebenarnya telah membantu mata terhidrasi kembali dan dapat meningkatkan fokus mata dan memperbaiki penglihatan.

Baca Juga: Teh atau Kopi, Mana yang Lebih Sehat diminum Pagi Hari?

2. Mengeluarkan racun tubuh

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini