7 Cara Mudah Mengeluarkan Air dari Telinga, Bisa Dilakukan Sendiri

Aprilia
Kamis 23 Maret 2023, 08:53 WIB
Ilustrasi air di dalam telinga (Sumber : freepick.com)

Ilustrasi air di dalam telinga (Sumber : freepick.com)

LABVIRAL.COM - Telinga kemasukan air saat mandi atau berenang sering membuat tak nyaman. Ada kalanya air bisa langsung dikeluarkan namun tak jarang juga sulit mengeluarkan air hingga mengganggu aktivitas.

Penting untuk segera mengeluarkan air yang masuk ke telinga karena apabila tidak segera dikeluarkan akan menyebabkan otitis eksterna. Hal itu adalah kondisi infeksi saluran telinga luar di area gendang telinga sampai luar kepala.

Infeksi akibat air yang tertinggal dalam telinga membuat telinga menjadi lembab. Kondisi telinga yang lembab dapat memicu tumbuhnya bakteri atau jamur sehingga berisiko terjadi infeksi. Infeksi ini yang bisa membuat telinga jadi nyeri.

Maka, catat 7 cara mudah dan sederhana yang bisa dilakukan sendiri untuk mengeluarkan air dari telinga sesegera mungkin berikut ini:

1. Goyangkan telinga

Cara yang paling umum dilakukan saat kemasukan air ialah menggoyangkan telinga dengan memiringkan kepala. Jika yang kemasukan air kuping kiri maka miringkan kepala ke arah kiri sampai menyentuh bahu, lalu goyangkan. Lakukan jika sebaliknya.

2. Berbaring menyamping

Air yang masuk ke dalam telinga bisa keluar sendiri dengan cara berbaring menyamping ke arah telinga yang kemasukan air. Hal ini dilakukan selama beberapa menit dan akan membantu air keluar perlahan sesuai tekanan gravitasi.

3. Hisap dengan telapak tangan

Untuk mengeluarkan air masuk ke telinga, miringkan kepala pada bagian telinga yang kemasukan air lalu gunakan telapak tangan untuk menutup telinga yang kemasukan air, seolah kepala bersandar pada telapak tangan tersebut.

Gosokkan telapak tangan pada telinga dengan gerakan naik turun agar permukaan lebih datar. Tekan telingan dnegan kuat dan lepas dengan cepat sampai terasa sensasi hisapan pada telinga. Air yang terjebak dalam telinga harusnya akan ikut terhisap keluar.

Baca Juga: 8 Manfaat Menangis untuk Kesehatan, Salah Satunya Buat Detoksifikasi

4. Gerakkan rahang dan mulut

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini