Ladies, Sudah Tahu Belum? Ini 6 Kebiasaan Makan untuk Cegah Kanker Payudara

Aprilia
Kamis 23 Maret 2023, 09:00 WIB
Ilustrasi kebiasaan makan cegah kanker (Sumber : freepick.com)

Ilustrasi kebiasaan makan cegah kanker (Sumber : freepick.com)

LABVIRAL.COM - Ladies, menjaga gaya hidup dan asupan makanan yang dikonsumsi akan beprengaruh pada tingkat kesehatan. Makan-makanan yang bergizi juga bisa sebagai upaya mencegah penyakit tertentu.

Momok menakutkan bagi sebagian wanita ialah penyakit kanker payudara. Menurut National Breast Cancer Organization, kanker payudara biasanya berawal dari sel-sel payudara sebagai sekelompok sel kanker. Kemudian sel tersebut menyerang jaringan di sekitarnya atau menyebar (metastasis) ke area lain dari tubuh.

Para ahli kesehatan menjelaskan bahwa kanker payudara bisa dari riwayat keluarga, aktivitas fisik, reproduksi dan paparan hormon. Oleh karena itu penting bagi perempuan, menjaga pola makan dan kebiasaan makan yang diterapkan untuk mencegah penyakit kanker yang sangat kompleks ini.

Nah, berikut 4 kebiasaan makan yang bisa diterapkan untuk mencegah penyakit kanker payudara.

1. Diet rendah lemak

Dilansir dari breastcancer.or.id, uji coba inisiatif kesehatan mendapatkan hasil bahwa perempuan pasca menopouse yang mengkonsumsi lebih sedikit lemak dalam makanan memiliki risiko meninggal akibat kanker payudara lebih rendah 21%.

2. Mengkonsumsi makanan organik

Menurut Bohl, mengkonsumsi bahan makanan organik dapat menurunkan paparan bahan berbahaya pupuk dan pestisida kimiawi yang menjadi salah satu pemicu kanker payudara.

Baca Juga: 7 Manfaat Kopi bagi Kesehatan, dari Menurunkan Berat Badan hingga Mencegah Kanker

3. Mengganti lemak tidak sehat menjadi lemak sehat

HelpGuide melaporkan bahwa salah satu cara mengurangi resiko kanker payudara, perempuan-perempuan di dunia perlu mengganti lemak jenuh (tidak sehat) dengan lemak tak jenuh (lemak sehat).

Salah satu sumber lemak sehat ialah minyak zaitun. Selain itu juga bisa diperoleh melalui bahan makanan lain seperti kacang-kacangan dan ikan segar.

4. Perbanyak sayuran dan buah

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini