Yuk Kenali, Ini 6 Ciri Gangguan Mental pada Remaja

Aprilia
Kamis 23 Maret 2023, 11:03 WIB
Ilustrasi seorang remaja yang kena gangguan mental. (Sumber : Freepik.com/8photo)

Ilustrasi seorang remaja yang kena gangguan mental. (Sumber : Freepik.com/8photo)

LABVIRAL.COM - Pada 2022 Peneliti Pusat Kesehatan Reproduksi Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada (UGM) mengatakan bahwa 1 dari 20 remaja atau 2,45 juta remaja Indonesia memiliki satu gangguan mental dalam 12 bulan terakhir.

Secara umum, usia remaja di sini rata-rata 13 -18 tahun. Gangguan mental yang dirasakan remaja ini pada umumnya merupakan gangguan kecemasan.

Kecemasan adalah kegagalan seseorang dalam mengendalikan rasa cemasnya untuk hal yang sebenarnya tidak perlu dicemaskan. adapun gejala kecematan meliputi over thinking, sulit berinteraksi, keluar keringat dingin, jantung berdebar dan breakdown.

Gangguan kesehatan mental pada remaja juga dipengaruhi oleh banyak faktor di antaranya pubertas, perubahan hormnon, keluarga, teman atau lingkungan hingga genetik.

Melansir dari mayoclinic, ciri-ciri gangguan kesehatan mental pada remaja bisa dilihat dari perubahan perilaku sebagai berikut:

1. Sedih terus-menerus

Ilustrasi seorang remaja sedang sedih.

Perhatikan adik atau saudara kamu yang berusia remaja jika mendadak sering merasa sedih. Perasaan menyedihkan ini biasanya berlangsung satu hingga dua minggu tanpa penyebab yang pasti.

Baca Juga: 7 Perilaku Orangtua yang Bisa Merusak Mental Anak, Hindari Ya!

Baca Juga: Mental Tempe: Asal Istilah, Ciri-ciri, dan Definisi Ulang

2. Menarik diri

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini