Jadi Pemicu Timbulnya Jerawat, Begini Cara Benar Cuci Kuas Make Up

Zahwa Elia Azzahra
Kamis 23 Maret 2023, 21:35 WIB
Ilustrasi Jerawat

Ilustrasi Jerawat

LABVIRAL.COM - Munculnya jerawat adalah hal yang normal bagi semua orang. Namun, jerawat dapat membuat seseorang tidak percaya diri.

Penyebab timbulnya jerawat bisa terjadi karena ketidak seimbangan kadar hormon estrogen atau androgen, bahkan kuas make up yang kotor.

Menurut Akademi Dermatologi Amerika (AAD), spons alas bedak dan kuas make up yang telah digunakan selama berbulan-bulan bisa menjadi pelabuhan bakteri yang memicu jerawat.

AAD mengatkan, kuas make up adalah tempat berkembang biaknya bakteri.

Baca Juga: Seperti Judulnya, Lirik Lagu Heartbreak Anniversary Cocok Untuk Hari Patah Hati Nasional!

"Jika digunakan setiap hari, kuas make up akan mengumpulkan kotoran dan minyak yang mungkin tersisa di kulit dan residu dari produk yang dioleskan akan menempel," katanya dikutip Labviral.com dari laman skincare.

Sementara menurut penata rias Rea Ann Silva, membersihkan spons atau kuas make up sebaiknya dilkaukan setiap hari. Dengan penggunaan sehari-hari, alat rias apa pun dapat menumpuk sel-sel kulit mati, kotoran, minyak, polusi, dan bakteri. 

"Menggunakan alat make up yang kotor dapat menyebabkan pori-pori tersumbat, iritasi kulit, risiko infeksi staph, dan risiko mendapatkan lebih banyak kerutan," katanya dilansir dari laman mindbodygreen.

Baca Juga: Lirik Lagu Pernah Muda – BCL Relate Banget! Papa Mama Pernah Muda, Saatnya Kau dan Aku Sekarang!

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini