Motor Ditinggal Mudik, Gini Cara Aman Simpannya

Bonifasius Sedu Beribe
Jumat 24 Maret 2023, 01:09 WIB
Mudik Lebaran 2023 sebentar lagi. Siapa yang mau pulang kampung? Yuuuk. Jika meninggalkan kendaraan sepeda motor dirumah, pastikan mengikuti tips dibawah ini agar kendaraan tetap prima dan tidak rusak.

Mudik Lebaran 2023 sebentar lagi. Siapa yang mau pulang kampung? Yuuuk. Jika meninggalkan kendaraan sepeda motor dirumah, pastikan mengikuti tips dibawah ini agar kendaraan tetap prima dan tidak rusak.

LABVIRAL.COM, Mudik Lebaran 2023 sebentar lagi. Siapa yang mau pulang kampung? Yuuuk. Jika meninggalkan kendaraan sepeda motor dirumah, pastikan mengikuti tips dibawah ini agar kendaraan tetap prima dan tidak rusak.

1. Cuci Motor

Pertama pastikan kondisi motor dalam keadaan bersih, seperti di cuci terlebih dahulu lalu di keringkan. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi karat selama tidak digunakan.

2. Cabut aki

Meskipun tidak digunakan, kabel motor tetap mendapatkan aliran listrik dari aki. Jika aki terus dibiarkan terpasang, maka aliran listrik akan terus mengalir sehingga aki bisa soak. Sebaiknya lepas aki dan disimpan di tempat yang aman.

Baca Juga: Mudik Lebaran, Tips Aman Meninggalkan Mobil di Rumah

3. BBM penuh atau kosong

Selanjutnya yakni usahakan tangki bahan bakar terisi penuh atau kuras hingga kosong. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya karat karena proses penguapan bahan bakar.

4. Standar tengah

Pada saat di tinggalkan, pastikan motormu menggunakan standar tengah (ganda) agar beban motor dapat seimbang. Jika menggunakan standar samping dalam waktu yang lama, beban motor akan condong ke kiri sehingga sok breker pun tidak bermasalah karena tinggi sebelah.

Baca Juga: Tips Mudik Anti Mual, Baca Sebelum Muntah!

5. Alasi ban

Gunakan alas kayu atau kain untuk ban agar terhindar dari ban yang menempel langsung ke lantai. Sebab jika ban langsung menempel ke lantai, maka ban akan lebih cepat kempis karena perbedaan suhu lantai dengan ban.

6. Cek kondisi oli

Jika oli mesin sudah lama digunakan, sebelum meninggalkan motor lebih baiknya diganti dengan oli baru. Sebab di dalam oli lama biasanya sudah terdapat banyak kotoran yang dapat mengendap hingga menggumpal.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini