Gecko, 'Tokek' Unik dengan Beragam Warna Eksotis

Zahwa Elia Azzahra
Jumat 24 Maret 2023, 02:16 WIB
Ilustrasi, merawat gecko

Ilustrasi, merawat gecko

LABVIRAL.COM - Gecko merupakan reptil yang masih memiliki hubungan kerabat dekat dengan tokek. Saat ini, banyak orang gemar memelihara reptil liar tersebut karena dianggap lucu dan memiliki warna-warna yang unik dan eksotis.

Dengan semakin menjamurnya peminat reptil yang satu ini, takheran jika saat ini banyak komunitas atau perkumpulan pecinta gecko, yang mengoleksi berbagai jenis gecko. Tak jarang pula mereka mengadakan pameran gecko di mall-mall besar di Indonesia. 

Tapi, tahukah kamu apa itu gecko?

Yap, Gecko merupakan reptil liar atau kadal berukuran sedang yang masih bersaudara dengan tokek, di mana keduanya masih sama-sama jenis Gekkonidae.

Baca Juga: Jenis-jenis Gecko yang Paling Banyak Dicari

Nama gecko berasal dari kata dalam bahasa Indonesia, gekok, yang merupakan tiruan dari tangisan khas yang dibuat oleh tokek. 

Di Indonesia sendiri, terdapat salah satu jenis gecko yang cukup terkenal, yaitu leopard gecko. Hewan dengan nama latin eublepharis macularius ini bisa kalian temui di daerah padang rumput, daerah yang berbatu, dan juga di daerah yang berpasir.

Hewan ini mirip dengan tokek dan sering disebut tokek hias karena warna kulitnya. Padahal meskipun, kedua hewan ini berkerabat 1 sama lain tapi berasal dari spesies yang berbeda.

Baca Juga: Tidak Sama! Ini Dia Perbedaan Gecko dan Tokek

Untuk lebih mengenal Gecko, berikut ini Labviral.com sebutkan ciri-ciri gecko agar kamu tidak salah mengenal. Yuk disimak!

  • Berekor pendek dan berbentuk seperti daun.
  • Kulitnya kasar dan berbintik-bintik coklat atau hitam.
  • Warna kulit hewan ini umumnya adalah kuning pucat atau kuning lemon. Namun, ada juga yang berwarna oranye, biru muda serta kecoklatan.
  • Mempunyai mata dengan warna hitam pekat.
Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini