8 Keistimewaan Burung Merpati yang Sudah Lolos Tes Cermin

Zahwa Elia Azzahra
Jumat 24 Maret 2023, 02:40 WIB
Ilustrasi, burung merpati binatang yang setia

Ilustrasi, burung merpati binatang yang setia

LABVIRAL.COM - Burung merpati atau yang dikenal juga sebagai burung dara, merupakan salah satu burung yang memiliki populasi banyak di dunia. Burung merpati termasuk dalam keluarga burung columbidae atau burung berparuh.

Burung merpati telah dikenal sejak kerajaan Mesir, tepatnya pada abad ke-20 sebelum masehi. Burung merpati pertama kali ditemukan di Mesir kuno. 

Merpati masuk ke Indonesia lewat pedagang hewan. Para pedagang banyak yang menjual burung ke Indonesia, termasuk spesies merpati.

Baca Juga: Dikenal Pintar, Ini Dia Sejarah Burung Merpati POS Sejak Abad ke-20

Burung merpati dikenal memiliki beberapa keistimewaan, sehingga menjadikannya spesial dibandingkan jenis burung lainnya.

Berikut ini Labviral.com uraikan keistimewaan burung merpati, yuk disimak!

  • Merpati dapat terbang lebih dari 6.000 kaki dengan kecepatan rata-rata 77,6 km/jam dan tercepat hingga 92,5 km/jam.
  • Merpati dapat menempuh penerbangan rata-rata 600-700 mil per hari dengan rekor penerbangan terlama 55 hari.
  • Merpati ketika terbang menentukan arah dengan cara mendeteksi dan merasakan medan magnet bumi atau dengan menggunakan matahari sebagai panduan.
  • Merpati minum dengan menghirup air dan menggunakan paruhnya sebagai sedotan tanpa mengangkat kepalanya. Hal ini berbeda dengan burung lain yang umumnya selalu memiringkan kepala atau menegakkan lehernya setelah menelan air.
  • Merpati bisa melihat dan membedakan warna dan melihat sinar ultraviolet. Dengan kemampuannya itu, merpati sering dilibatkan dalam misi pencarian. 
  • Merpati lulus tes cermin, artinya dia bisa mengenali bayangannya sendiri.
  • Merpati dikenal sangat cerdas, mampu mengenali 26 huruf dan mampu membuat konsep – dapat mengenali gambar dalam foto bahkan membedakan dua gambar manusia dalam foto.
  • Merpati kerap menjadi atlet andalan di udara karena dapat mengepakkan sayapnya 10 kali per detik dengan detak jatungnya mencapai 600 kali per menit selama sejam tanpa istirahat.

Baca Juga: Keren! 2 Burung Merpati Ini Dianggap Berjasa dan Mendapatkan Penghargaan

Di beberapa negara merpati hidup bebas bergerombolan, bisa berada di jalan, di gedung-gedung bahkan pemukiman, tapi tak sedikit juga yang hidup di dalam kandang dan menjadi hewan peliharaan.

Itu dia keistimewaan merpati, semoga bermanfaat.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini