5 Jenis Kopi di Dunia yang Paling Populer, Penyukanya Wajib Tahu

Sunardi
Sabtu 25 Maret 2023, 11:02 WIB
Ilustrasi jenis kopi robusta. (Sumber : Pixabay.com/Vietnamese_coffee)

Ilustrasi jenis kopi robusta. (Sumber : Pixabay.com/Vietnamese_coffee)

LABVIRAL.COM - Kopi tak hanya sebagai minuman pelengkap saja. Kini kopi sudah menjadi minuman utama dalam berbagai jamuan. Namun, apakah kamu tahu jenis-jenis kopi di dunia yang paling populer?

Jika kamu penyuka minuman kopi tetapi masih awam jenis-jenis kopi di dunia yang paling populer, jangan khawatir. Berikut ini ulasan jenis-jenis kopi yang populer di kalangan pecinta kopi di dunia.

1. Kopi Arabika

Kopi arabika yang menjadi salah satu jenis kopi populer di seluruh dunia.

Kopi arabika adalah jenis kopi yang ditemukan di Ethiopia. Arabika yang ada di Ethiopia tersebut kemudian disebarkan oleh para pedagang Arab. Para pedagang Arab menyebarkan kopi arabika ini ke Eropa, dan kemudian disebarkan oleh orang Eropa ke wilayah lainnya.

Kopi arabika biasanya tumbuh di dataran tinggi sekitar 3.000-7.000 mdpl. Daerah tersebut memiliki tekstur tanah gembur, serta cuaca yang cukup baik dengan curah hujan yang rata.

Hingga sampai saat ini kopi jenis arabika menguasai pasaran global sekitar 80 persen. Pasalnya, kopi jenis arabika memiliki cita rasa yang nikmat.

2. Kopi Robusta

Ilustrasi jenis kopi robusta.

Berbeda dengan kopi arabika, kopi robusta biasanya tumbuh di dataran rendah. Kopi robusta awalnya ditemukan di daerah Afrika Utara. Namun, untuk sekarang persebarannya sudah merata di seluruh dunia.

Salah satu negara pengekspor kopi robusta terbesar adalah Vietnam. Jenis kopi yang satu ini berkontribusi sebanyak 30 persen dari produksi kopi di dunia.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini