Berapa Lama Biji Kopi Bisa Dipanen? Cek Berikut Siklus Panjang Pemanenannya

Sunardi
Sabtu 25 Maret 2023, 11:24 WIB
Tanaman kopi (Sumber : Pixabay.com)

Tanaman kopi (Sumber : Pixabay.com)

LABVIRAL.COM - Sebagian besar orang hanya tahu kopi yang sudah jadi atau matang dan siap seduh. Padahal, di balik kopi yang siap seduh itu memerlukan proses yang panjang. Termasuk pada saat kopi masih di pohonnya. Kopi yang masih di pohon memerlukan beberapa proses hingga siap dipanen. Lalu, berapa lama biji kopi bisa dipanen dari pohon?

Berikut ini proses prapanen, panen, sampai pascapanen dari biji kopi. Perjalanan kopi sebelum sampai hadir di gelas kamu memerlukan proses yang panjang.

1. Masa Prapanen

Ilustrasi bunga kopi.

Proses prapanen ini adalah masa di mana tanaman kopi masih masih belum siap dipanen. Masa prapanen tentu ditandai dengan tanaman kopi yang masih mengeluarkan bunga. Biasanya bunga-bunga dari kopi ini ada di bulan Mei dan terjadi setiap tahunnya.

Butuh waktu sekitar 9 bulan untuk bunga dari kpi bisa membentuk secara perlahan menjadi ceri kopi. Bunga yang bakal menjadi ceri tersebut harus betul-betul dijaga, terutama dari serangan para hama dan rumput-rumput yang tumbuh liar di sekitar pohon kopi. Selain itu, beberapa hal yang memengaruhi pertumbuhan biji kopi adalah curah hujan.

Setelah masa 9 bulan tersebut, barulah ceri kopi bisa bermunculan. Biasanya ceri kopi ini bermunculan pada bulan Januari. Cuaca yang ada di bulan Januari tersebut juga lumayan memengaruhi pertumbuhan biji kopi. Cuaca yang terlalu panas atau terlalu sering hujan juga tidak baik buat pertumbuhan biji kopi. Kemudian, biji kopi akan siap dipetik jika sudah memasuki bulan Februari.

2. Masa Panen

Kopi Indonesia

Bulan Februari sampai Maret adalah masa di mana para petani kopi bisa memanen kopi di kebunnya. Dilansir dari cybex.pertanian.go.id, bahwa untuk mendapatkan hasil yang bermutu tinggi, sebaiknya buah kopi harus dipetik dalam keadaan sudah masak penuh.

Setiap jenis kopi memang memliki tingkat kematangan yang berbeda-beda. Biasanya untuk kopi jenis robusta memerlukan waktu 8-11 bulan sejak masa masih bunga sampai masak penuh. Kopi jenis robusta dan beberapa kopi yang ditanaman di daerah kering hanya bisa dipanen secara musiman saja. Sedangkan, untuk jenis kopi arabika memerlukan waktu 6-8 bulan saja.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini