8 Gejala Penyakit Diabetes yang Kerap Disepelekan, dari Berat Badan Turun hingga Sering Kesemutan

Zahwa Elia Azzahra
Senin 27 Maret 2023, 06:01 WIB
Gejala diabetes. (Sumber : freepik.com)

Gejala diabetes. (Sumber : freepik.com)

LABVIRAL.COM - Beberapa waktu lalu, Suti Karno, pemeran Atun dalam sinetron "Doel Anak Sekolahan" melakukan operasi amputasi pada kakinya. Kaki kanan Suti Karno terpaksa diamputasi lantaran diabetes yang sudah diderita selama kurang lebih 18 tahun.

Dilansir dari Health Line, penyakit diabetes diakibatkan ketidakmampuan tubuh untuk memproduksi atau menggunakan insulin.

Insulin adalah hormon yang memungkinkan tubuh mengubah glukosa, atau gula, menjadi energi.

Baca Juga: Keutamaan Salat Tarawih 10 Malam Pertama, Jangan Sampai Dilewatkan Guys!

Nah, Jika tubuh mengalami hal tersebut, maka menyebabkan kadar gula darah menjadi tinggi sehingga memengaruhi kemampuan tubuh untuk menyembuhkan luka.

Selain luka yang sulit sembuh, sulit kering maupun menutup, simak berikut gejala-gejala penyakit diabetes yang sering disepelekan.

1. Berat badan turun drastis

Pada diabetes tipe satu, penderita biasanya akan merasakan turun berat badan secara drastis tanpa sebab. Hal ini lantaran adanya gangguan insulin.

Baca Juga: Bahaya! Diabetes Bisa Diidap Anak Muda di Bawah Umur 45 Tahun

2. Sering alami gatal-gatal

Gejala kedua penyakit diabetes ialah sering mengalami gatal-gatal tanpa sebab yang jelas. Ketika frekuensi buang air kecil meningkat, tubuh cenderung akan kehilangan banyak cairan sehingga muncul rasa gatal-gatal akibat kulit menjadi kering.

3. Sering merasa lapar

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini