5 Manfaat Sayur Bayam untuk Kesehatan Tubuh, Lengkap dengan Info Kandungan Gizinya

Zahwa Elia Azzahra
Senin 27 Maret 2023, 06:15 WIB
Ilustrasi, sayur bayam sehat

Ilustrasi, sayur bayam sehat

LABVIRAL.COM - Bayam dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Bayam yang dapat tumbuh dengan mudah di sekitar rumah dapat menunjang asupan gizi kita tiap harinya. Hal itu karena bayam mengandung banyak vitamin.  

Hasil berbagai penelitian menunjukan sayur bayam mengandung vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E, magnesium, zat besi, asam folat, kalsium, dan kalium.

Baca Juga: Tak Perlu Ruang Luas dan Besar, Cobalah Stepper Portable

Berikut ini manfaat sayur bayam yang dapat kita rasakan jika diolah dengan baik.

1. Menjaga kesehatan mata

Selain mengandung vitamin A yang dapat menjaga kesehatan mata, ternyata bayam juga mengandung zat lain yang bagus untuk indra penglihatan ini. Zat itu adalah zeaxanthin dan lutein. 

Dua zat tersebut dikenal mampu melindungi mata manusia dari kerusakan yang disebabkan sinar matahari. Sehingga mata akan terus sehat jika mendapat asupan vitamin A dan zeaxanthin serta lutein yang terkandung dalam bayam.

2. Menurunkan tekanan darah tinggi

Bayam mengandung nitrat dalam jumlah tinggi, yang telah terbukti membantu tingkat tekanan darah sedang dan menurunkan risiko penyakit jantung. Asam nitrat dikenal sebagai zat yang baik dan ampuh menekan tekanan darah dan menstabilkannya.

Kandungan asam nitrat pada bayam menurut berbagai penelitian dapat dimanfaatkan bagi pengidap tekanan darah tinggi untuk menjaga kesehatannya. Pengolahan sayur bayam dengan direbus jadi yang terbaik untuk menekan darah tinggi.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini