Benarkah Minum Air Es Bisa Membuat Perut Buncit?

Sunardi
Minggu 12 Maret 2023, 09:09 WIB
Ilustrasi air es (Sumber : freepick.com)

Ilustrasi air es (Sumber : freepick.com)

LABVIRAL.COM - Minum air es telah menjadi kebiasaan yang populer di seluruh dunia, termasuk di Indonesia yang memiliki cuaca panas. Meski bisa menghilangkan dahaga, namun minum air es juga dipercaya orang bisa menyebabkan perut buncit. Namun, benarkah minum air es bia membuat perut buncit?

Sebelum mengetahui jawabannya, perlu dipahami bahwa perut buncit disebabkan oleh penumpukan lemak di sekitar perut atau karena pembengkakan di dalam perut. Hal ini terjadi ketika jumlah kalori yang masuk ke tubuh melebihi jumlah kalori yang dibakar melalui aktivitas fisik.

Jadi, perut buncit biasanya terjadi ketika seseorang mengonsumsi makanan yang tidak sehat dan tidak seimbang, serta ketika kurang berolahraga.

Air es mengandung 0 kalori

Ilustrasi air es

Lalu, apakah minus air es bisa menjaid faktor penyebab perut buncit? Jawabannya adalah tidak.

Air es tidak menyebabkan perut menjadi buncit atau menyebabkan badan jadi gemuk. Pasalnya air es yang berasal dari air kemudian dibekukan dan memiliki suhu dingin ini tetap 0 kalori.

Kandungan kalori yang ada pada air biasa dan air es memang sama, yakni nol. Jadi, jawabannya sudah jelas, bahwa mengonsumsi air es tidak akan membuat perut buncit.

Akan tetapi, jika minum air es yang mengandung gula tambahan, seperti minuman bersoda atau minuman berenergi beda penjelasannya. Konsumsi gula berlebihan lewat minuman dingin bisa menyebabkan penumpukan lemak dan memperburuk masalah perut buncit.

Adanya kandungan gula dalam minuman es bisa meningkatkan kadar gula darah secara drastis dan memicu pelepasan insulin, yang dapat mengubah glukosa menjadi lemak.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini