Benarkah Nasi Putih Mengandung Banyak Gula?

Sunardi
Minggu 12 Maret 2023, 09:20 WIB
Nasi putih mengandung gula (Sumber : Nasi putih mengandung banyak gula)

Nasi putih mengandung gula (Sumber : Nasi putih mengandung banyak gula)

LABVIRAL.COM - Siapa yang tak suka dengan nasi putih? Ya, salah satu jenis makanan pokok ini memang populer di masyarakat Asia Tenggara, tak terkecuali di Indonesia. Namun, benarkah nasi putih mengandung banyak gula?

Pertanyaan tersebut nampaknya membuat banyak orang penasaran. Pasalnya, beberapa orang menganggap bahwa mengonsumsi nasi bisa menyebabkan obesitas, diabetes, dan penyakit kardiovaskular. Namun, apakah benar demikian?

Keberadaan nasi putih yang berasal dari beras ini memang mudah ditemui di Indonesia. Makanan pokok ini sangat mendominasi di masyarakat. Bahkan, beberapa orang bilang bahwa tidak akan kenyang jika belum makan dengan nasi.


Kandungan gula

Ilustrasi gula kristal yang dikonsumsi oleh masyarkat.

Lalu, berapakah kandungan gula yang ada pada nasi? Dilansir dari Healthline, bahwa dalam 100 gram nasi putih terdapat 123 kalori, 2,9 gram protein, 30 gram karbohidrat, 0,4 gram lemak, dan 0,9 gram serat.

Selain mengandung karbohidrat dan kalori, kandungan nasi ini nyatanya juga ada gula atau glikemik. Kandungan gula pada nasi ini bukanlah dalam bentuk tambahan atau campuran dari gula asli.

Keberadaan glikemik pada nasi adalah hasil konversi dari kandungan karbohidrat. Hal tersebut bisa dilihat dari indesk glikemik. Indeks glikemik sendiri merupakan ukuran seberapa cepat karbohidrat dalam makanan dikonversi menjadi gula dalam tubuh manusia.

Jadi, semakin tinggi indeks glikemik, semakin cepat karbohidrat dikonversi menjadi gula dan semakin tinggi pula tingkat gula darah seseorang.

Nasi putih memiliki indeks glikemik yang tinggi, yaitu sekitar 70 pada skala 100. Ini artinya, nasi putih dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat setelah dikonsumsi. Hal tersebut disebabkan karena nasi putih mengandung karbohidrat sederhana yang mudah dicerna oleh tubuh.


Risiko penyakit

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini