7 Tips Makan Pedas Tanpa Takut Sakit Perut, Bikin Makin Lahap!

Sunardi
Senin 27 Maret 2023, 11:57 WIB
Ilustrasi makanan pedas (Sumber : Freepik.com)

Ilustrasi makanan pedas (Sumber : Freepik.com)

LABVIRAL.COM - Makan pedas selain mengandung manfaat untuk kesehatan, juga terdapat risiko yang mengancam. Salah satunya adalah masalah sakit perut. Namun, kini sudah ada tips makan pedas tanpa takut sakit perut.

Mengonsumsi makanan yang memiliki cita rasa pedas membuat seringkali membuat perut sakit. Apalagi jika perut kosong maka bisa saja menimbulkan sakit maag. Sekarang, kamu tak perlu khawatir, pasalnya ada beberapa tips supaya tidak mengalami sakit perut.

Lalu, apa saja tips makan pedas tanpa takut sakit perut? Yuk, simak ulasannya berikut ini:

1. Jangan makan pedas saat perut kosong

Ilustrasi seseorang yang bangun tidur karena sakit perut.

Salah satu hal yang perlu diwaspadai saat makan pedas adalah keadaan perut kosong. Jangan sampai kamu makan pedas dalam keadaan perut kosong. Pasalnya, zat capsaicin yang ada di dalam makanan pedas ini akan langsung menempel di dinding lambung dan membuat sakit perut.


2. Perhatikan porsi makan

Ilustrasi seorang wanita yang makan banyak dan bisa sebabkan kegemukan.

Salah satu hal yang tak boleh luput dari perhatian adalah porsi makan. Jika makan pedas, usahakan jangan langsung mengambil porsi banyak. Pasalnya, zat capsaicin yang ada di dalam makanan pedas bisa memicu pelepasan endorfin, yakni hormon yang menimbulkan rasa senang. Hal ini pun akan membuat rasa ketagihan mengonsumsi makanan pedas, dan membuat kamu lansung kenyang.


3. Jangan makan pedas sebelum tidur

Ilustrasi seorang pemuda yang ketiduran di depan laptopnya.

Jika kamu makan pedas sebelum tidur, maka salah satu risiko yang bisa didapatkan adalah terganggunya pencernaan. Zat capsaicin yang ada di dalam makanan pedas bisa membuat suhu tubuh meningkat, hal ini pun membuat kamu susah tidur.


4. Imbangi dengan makanan bertepung

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkini