Pisang Goreng Dinobatkan Jadi Makanan Penutup Terenak di Dunia

Sunardi
Senin 27 Maret 2023, 12:09 WIB
Ilustrasi pisang goreng (Sumber : Freepik.com)

Ilustrasi pisang goreng (Sumber : Freepik.com)

LABVIRAL.COM - Indonesia tak hanya terkenal dengan kuliner rendang dan nasi gorengnya yang sudah mendunia. Kini, pisang goreng dinobatkan jadi makanan penutup terenak di dunia versi TasteAtlas.

Baru-baru ini sebuah laman panduan wisata dan kuliner dunia, TasteAtles, menobatkan pisang goreng jadi dessert terenak dengan cara digoreng. Website yang menyediakan berbagai informasi seputar dunia kuliner di berbagai belahan dunia itu merilis 156 jenis makanan penutup terbaik.

Pisang goreng yang dinobatkan oleh TasteAtlas tersebut, sebagaimana dilansir dari laman resminya, mendapatkan rating 4,6. Rating terbaik makanan penutup itu menempatkan pisang goreng di posisi puncak. Kemudian disusul oleh Quarkbällchen dari Jerman di peringkat kedua, dan Bomboloni dari Italia.

Sudah ada sejak dulu

Data peringkat makanan penutup terenak di dunia versi TasteAtles.

Pisang goreng sebagai makanan khas Indonesia ini tak muncul secara tiba-tiba. Keberadaan pisang goreng sudah dikenal sebelum era kemerdekaan.

Salah satu penanda awal adanya makanan ini adalah kemunculan minyak goreng di Indonesia. Minyak goreng ada di Indonesia dibawa oleh orang-orang Tionghoa.

Orang-orang Tionghoa yang datang ke Indonesia memperkenalkan metode memasak dengan cara digoreng. Mereka datang ke Indonesia juga membawa alat-alat yang digunakan untuk menggoreng.

Selain itu, sejak memasuki era kemerdekaan Indonesia, banyak pabrik minyak goreng yang semakin menjamur. Hal tersebut akhirnya dibarengai pula dengan semakin banyaknya olahan gorengan.

Dilansir dari buku Mustikarasa: Resep Masakan Indonesia (1967), mendata sudah ada 125 resep masakan lauk pauk gorengan. Jumlah tersebut juga dibarengi dengan jenis jajanan pasar yang semakin populer, termasuk pisang goreng.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini