5 Jenis Makanan yang Harus Dihindari untuk Mencegah Penuaan Dini

Zahwa Elia Azzahra
Selasa 28 Maret 2023, 01:43 WIB
Ilustrasi, penuaan dini

Ilustrasi, penuaan dini

LABVIRAL.COM - Penuaan dini pada perempuan dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk pola makan yang tidak sehat, kekurangan olahraga, stres, paparan sinar matahari yang berlebihan, dan kebiasaan merokok. Penuaan dini juga dapat terjadi akibat faktor genetik atau hormon.

Untuk mencegah penuaan dini, ada baiknya untuk menjaga pola makan sehat dengan memperbanyak makan makanan yang mengandung antioksidan, melakukan olahraga secara teratur, mengelola stres dengan baik, menghindari paparan sinar matahari yang berlebihan, dan berhenti merokok.

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang mungkin bisa dihindari oleh perempuan untuk mencegah penuaan dini:

Baca Juga: 7 Tips Makan Banyak, tapi Tidak Bikin Gemuk

1. Makanan yang tinggi kandungan garam

garam (Tonda Tran from Pixabay )

 

Garam dapat menyebabkan pengeringan dan pengelupasan kulit, yang dapat menyebabkan munculnya garis-garis halus dan keriput. Makanan yang memiliki kandungan garam tinggi antara lain biskuit, chips, dan berbagai macam keripik.

Baca Juga: Bersihkan Helm di Rumah, Cek Cara Murah dan Paraktisnya

2. Makanan yang tinggi kandungan gula

Makanan mengandung banyak gula (Rita from Pixabay )

 

Gula dapat merusak kolagen dan elastin yang merupakan protein penjaga kekenyalan dan keelastisan kulit. Ini dapat menyebabkan penuaan dini dan munculnya keriput. Makanan yang memiliki kandungan gula berlebih dapat ditemukan di es krim, kue-kue manis seperti brownies, keik, dan kue lapis, serta berbagai olahan coklat.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini