5 Masalah Akibat Tidur dalam Kondisi Lapar, Ingat Baik-baik!

Zahwa Elia Azzahra
Selasa 28 Maret 2023, 01:53 WIB
Ilustrasi seorang pemuda tidur dengan kondisi lapar. (Sumber : freepick.com)

Ilustrasi seorang pemuda tidur dengan kondisi lapar. (Sumber : freepick.com)

LABVIRAL.COM - Seorang terapis nutrisi, Christine Bailey menekankan bahwa jangan pergi tidur saat lapar. Menurut Bailey, ketika kelaparan kadar glukosa darah akan turun yang menyebabkan tubuh lebih banyak memproduksi kortisol (hormon stres) dan memblokir hormon melatonin yang membantu tidur. Hal ini menyebabkan masalah jika tidur dalam kondisi lapar.

Namun, meski menyarankan tetap kenyang, ia juga menasehati agar makan dengan porsi yang tak berlebih. Daripada tidak makan sama sekali, yang benar ialah makan dengan batasan waktu. 

Jadi sebisa mungkin makan malam sedini mungkin dan tidak terlalu dekat atau jauh dari jam tidur. Idealnya 2-3 jam sebelum tidur.

Baca Juga: Apakah Bayi Boleh Minum Obat Tradisional?

Nah, agar kamu tidak terkena masalah. Yuk ketahui bahaya yang mengintai jika tidur dalam kondisi lapar dilansir express.co.uk: 

1. Tidur tak nyenyak

Jam tidur (freepik.com)

Tidur dalam kondisi perut kosong bisa membuat kesulitan memulai memejamkan mata. Rasa lapar bisa membuat terjaga lebih lama.

Baca Juga: Apakah Bayi Boleh Minum Obat Tradisional?

2. Mengganggu metabolisme tubuh

Bahaya tidur tengkurap dapat menyebabkan sakit pada leher dan tulang belakang (Freepik/fxquadro)

Jika seseorang terlalu sering melewatkan makan malam, hal ini bisa memengaruhi metabolisme tubuh. Hal ini bisa memengaruhi tingkat insulin tubuh, kolesterol dan kelenjar tiroid. Hal ini juga dapat memicu tubuh rentan terkena penyakit lain.

Baca Juga: Jahe Merah atau Jahe Biasa, Mana Lebih Berkhasiat?

3. Menghilangnya massa otot

Jam tidur (freepik.com)
Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini