Cara Atasi Hipertensi Agar Tak Alami Komplikasi Jantung

Zahwa Elia Azzahra
Selasa 28 Maret 2023, 01:58 WIB
Ilustrasi hipertensi.

Ilustrasi hipertensi.

LABVIRAL.COM - Tekanan darah tinggi atau hipertensi, mempengaruhi separuh pengidapnya, hal yang menakutkan dari penyakit ini karena bisa berkontribusi terhadap beban penyakit jantung. Oleh karena itu, perlu ada upaya mengatasi penyakit ini.

Diketahui, hipertensi merupakan kondisi dimana tekanan darah sistolik lebih dari 120 mmHg dan tekanan diastolik lebih dari 80 mmHg. 

Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) dari Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya), Ira Purnamasari mengatakan bahwa hipertensi menyebabkan perubahan pada pembuluh darah, yang mengakibatkan makin tingginya tekanan darah seseorang dan ini mempengaruhi kerja jantung.

Baca Juga: 4 Dampak Kecanduan Alkohol dan 2 Cara Mengobatinya

Oleh sebab itu, penanganan dini pada hipertensi sangatlah penting guna mencegah timbulnya komplikasi pada beberapa organ tubuh yakni pada jantung, ginjal, hingga otak. 

"Beberapa literatur menjelaskan bahwa hipertensi berhubungan erat dengan morbiditas dan mortalitas penyakit kardiovaskuler," kata Ira dikutip dari laman UM Surabaya pada Kamis (19/1/2023)

Berikut beberapa cara atasi hipertensi, agar tidak mengakibatkan komplikasi.

Baca Juga: 5 Masalah Akibat Tidur dalam Kondisi Lapar, Ingat Baik-baik!

Menurunkan berat badan 

Naik atau turunnya berat badan seseorang tergantung pada jumlah kalori yang dikonsumsi dan jumlah kalori yang dibakar oleh tubuh saat beraktivitas. 

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini