Jangan Biarkan Sampai Beraroma Tak Sedap! Ikuti 5 Tips Merawat Sepatu Setelah Kehujanan

Zahwa Elia Azzahra
Selasa 28 Maret 2023, 02:09 WIB
Ilustrasi, sepatu kulit

Ilustrasi, sepatu kulit

LABVIRAL.COM - Musim hujan seperti sekarang terkadang mengganggu aktivitas kita di luar ruangan. Salah satunya ialah sepatu jadi basah. Kalau sudah basah dan tidak segera dibersihkan, sepatu akan memiliki aroma tak sedap dan bisa menyebabkan timbulnya penyakit pada tubuh. Maka dari itu, cara merawat sepatu setelah kehujanan pun menjadi sesuatu yang penting.

Selain beraroma tak sedap, jika sepatu tidak segera dibersihkan, sepatu menjadi tidak nyaman dipakai, dan akan mudah rusak. Berikut ini adalah beberapa cara merawat sepatu setelah kehujanan yang bisa kita coba.

Baca Juga: 5 Bukti Toilet Jongkok Lebih Sehat dari Toilet Duduk, Persoalan BAB hingga Penularan Penyakit

1. Waktu membersihkan

Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam membersihkan sepatu setelah kena hujan adalah waktu. Disarankan jangan langsung membersihkan sepatu jika masih dalam keadaan basah atau setelah kena genangan air.

Alangkah lebih baik menunggu sepatu yang terkena cipratan tanah atau lumpur dibersihkan esok hari saja. Pasalnya, kotoran lumpur di sepatu yang masih basah di tersebut dapat mengotori bagian sepatu yang bersih.

Lakukan pembersihan sepatu saat lumpur yang menempel di sepatu sudah mengering,. Sebab, kotoran lumpur yang sudah kering lebih mudah dibersihkan ketimbang saat kotoran masih dalam kondisi basah.

Baca Juga: Indikator Suhu tetap Nyala meski Cairan Pendingin Aman, Ada 4 Faktor Penyebabnya

2. Sikat waktu kering

Jika kotoran lumpur atau tanah pada sepatu sudah kering, dianjurkan untuk melakukan sikat kering. Proses ini tentu tidak menggunakan air sama sekali. Tujuannya, salah satunya adalah untuk membuang kotoran dalam keadaan kering sehingga lumpur tidak meresap ke bagian yang lain. Jika sudah menyikat kering, k barulah bisa dibilas dengan air.

Baca Juga: Jangan Disepelekan, Biang Keringat pada Bayi Bisa Berakibat Fatal!

3. Penggunaan sabun

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini