Kenali 4 Buah Penurun Tekanan Darah Tinggi, Jarang Orang Tahu,

Zahwa Elia Azzahra
Selasa 28 Maret 2023, 02:12 WIB
Ilustrasi, manfaat pisang untuk kesehatan. (Sumber : Freepik.com)

Ilustrasi, manfaat pisang untuk kesehatan. (Sumber : Freepik.com)

LABVIRAL.COM - Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan gangguan kesehatan lain. Mulai dari stroke hingga gagal jantung. Untuk meredakan darah tinggi, biasanya dokter memberikan obat anti-hipertensi. Namun, ada buah penurun tekanan darah tinggi.

Hipertensi atau darah tinggi dapat dicegah dengan mengonsumsi makanan bergizi. Salah satu makanan yang cocok untuk mengantisipasi darah tinggi adalah buah-buahan. 

Sayangnya, tidak semua buah dapat mengatasi darah tinggi. Kandungan gizi pada buah yang dapat meredakan darah tinggi yaitu kalium, magnesium, hingga polifenol.

Baca Juga: Jangan Biarkan Sampai Beraroma Tak Sedap! Ikuti 5 Tips Merawat Sepatu Setelah Kehujanan

Apa saja buah yang banyak mengandung zat-zat di atas? Cek selengkapnya daftar buah penurun darah tinggi sebagai berikut:

1. Pisang

Pisang merupakan buah-buahan di kawasan tropis yang mudah ditemui. Pisang terbukti manjur menurunkan darah tinggi karena memiliki kandungan kalium, di mana membantu menyeimbangkan jumlah garam di dalam tubuh.

Kemampuan pisang untuk menyeimbangkan kadar garam dalam tubuh terbukti mampu mengontrol tekanan darah. Jika tidak begitu suka pisang, dapat dilakukan pengolahan buah satu ini misalnya dengan memanggang atau mencampurnya ke makanan atau minuman lain.

Baca Juga: 5 Bukti Toilet Jongkok Lebih Sehat dari Toilet Duduk, Persoalan BAB hingga Penularan Penyakit

2.  Anggur

Buah anggur terbukti menurunkan tekanan darah karena terdapat kandungan polifenol yang berguna untuk mengontrol tekanan darah. Meskipun tidak mudah menanam anggur, namun banyak toko buah sudah menyediakan buah ini.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini