8 Jenis Makanan Pengganti Nasi Putih, Cocok untuk Diet

Zahwa Elia Azzahra
Selasa 28 Maret 2023, 07:20 WIB
Ilustrasi, makanan pengganti nasi untuk diet. (FOTO: freepik.com)

Ilustrasi, makanan pengganti nasi untuk diet. (FOTO: freepik.com)

LABVIRAL.COM - Nasi putih merupakan sumber karbohidrat yang paling mudah dijumpai di Indonesia. Sayang nasi kurang direkomendasikan untuk mendukung program diet

Padahal, Harvard School of Public Health menjelaskan bahwa meski sedang diet, tubuh tetap butuh asupan makanan tinggi karbohidrat untuk mendukung fungsi tubuh serta aktivitas fisik. Bagaimanapun juga karbohidrat merupakan sumber energi penting bagi tubuh.

Maka dari itu, meskipun sedang diet, kita diwajibkan untuk tetap memilih makanan yang mengandung karbohidrat dengan baik. Jangan sampai tidak mengkonsumsi karbohidrat sama sekali. 

Baca Juga: Pengguna Kartu Kredit? Ini Cara Melihat CVV di Buku Tabungan

Dilansir dari berbagai sumber inilah 7 makanan alternatif pengganti nasi putih sebagai sumber karbohidrat yang cocok untuk program diet.

1. Beras merah

Jika kamu ingin diet tapi tetap ingin makan nasi, cobalah mengganti nasi putih dengan nasi merah. Beras merah mengandung serat lebih tinggi dari beras putih. Beras merah juga membuat kenyang lebih lama

Baca Juga: 7 Jenis Teh di Indonesia, Aroma dan Khasiatnya Bermanfaat untuk Kesehatan Fisik dan Mental

2. Umbi-umbian

Selain beras, umbi-umbian cukup populer di Indonesia dan cocok untuk diet. Umbi-umbian yang cocok untuk diet adalah ubi jalar dan kentang. Keduanya mempunyai kandungan serat tinggi dan karbo yang bisa menjadi sumber energi.

Baca Juga: 5 Dampak Buruk Kesehatan Akibat Kurang Tidur, Hindari Sebelum Terlambat!

3. Jagung

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini