5 Obat Alami untuk Mengatasi Kolesterol Tinggi Tanpa Efek Samping

Zahwa Elia Azzahra
Selasa 28 Maret 2023, 07:28 WIB
Ilustrasi, bahan makanan dapat kurangi kolesterol

Ilustrasi, bahan makanan dapat kurangi kolesterol

LABVIRAL.COM - Banyak cara dapat digunakan untuk mengontrol kadar kolesterol tinggi. Salah satunya dengan mencoba menggunakan obat tradisional atau obat alami. 

Obat alami dinilai tidak kalah manjur dengan obat-obatan medis. Namun, biasanya obat alami digunakan sebagai pelengkap dari penggunaan obat-obatan medis. 

Hal ini, dilakukan agar memaksimalkan dalam mengontrol kolesterol tinggi. Kadar kolesterol yang tinggi, terutama kolesterol jahat atau Low Density Lipoprotein (LDL).

Kolesterol baik atau High Density Lipoprotein (HDL) berbeda dengan LDL. Pasalnya HDL memiliki peran untuk membersihkan pembuluh darah dan mencegah penyumbatan arteri. 

Baca Juga: 8 Manfaat Teh Bagi Kesehatan Tubuh, Ketahui Cara Minum yang Tepat

Komplikasi paling berbahaya dari kolesterol tinggi adalah munculnya penyakit jantung dan stroke. Maka, banyak orang yang akhirnya mencoba segala cara untuk mengontrol kadar kolesterol termasuk dengan mencoba obat alami.

Obat-obatan alami biasanya kebanyakan berasal dari bahan makanan, sehingga dapat dikreasikan dalam menu makanan sehari-hari. Berikut daftar obat alami untuk mengontrol kolesterol tinggi:

1. Bawang Putih

Bawang Putih yang biasa digunakan sebagai bumbu dapur. (Freepik.com)

Bawang putih terkenal dapat menjadi obat kolesterol tinggi. Bawang putih mengandung allicin atau senyawa belerang yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah.

Namun, tidak disarankan untuk mengonsumsi bawang putih dalam bentuk utuh, jus maupun suplemen secara berlebihan. Terutama bagi yang mengkonsumsi obat pengencer darah atau bagi yang sedang menjalani prosedur operasi. Hal tersebut akan beresiko pada terjadinya pendarahan.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini