Memahami Arti Daddy Issues, Ciri-ciri Pengidap dan Cara Mengatasinya

Zahwa Elia Azzahra
Selasa 28 Maret 2023, 07:54 WIB
Ilustrasi, daddy issues.

Ilustrasi, daddy issues.

LABVIRAL.COM - Daddy issues belakangan viral di TikTok merupakan istilah informal yang tidak tercantum dalam panduan kesehatan mental oleh pakar-pakar psikologi. Namun kondisi ini menjadi fenomena dan masalah tersendiri yang kerap dirasakan banyak orang.

Berangkat dari konsep father's complex yang pertama kali dicetuskan ilmuwan psikologi, Sigmund Freud. Konsep ini menggambarkan impuls bawah sadar yang terjadi karena hubungan negatif dengan ayah.

Anak perempuan yang mengalami daddy issues, tumbuh dewasa dengan mengharapkan sosok ayah dari pasangannya.

Baca Juga: IQ Anak Lebih Banyak Diwarisi Ayah atau Ibu? Cek Fakta Penelitiannya

Apa penyebab orang mengidap daddy issues?

Gangguan mental yang menahun ini umumnya karena adanya hubungan rumit dengan ayah. Seperti dikutid Verywellmind, pemicu atau penyebab daddy issues bisa berangkat dari hubungan yang tidak sehat, pernah terjadi pelecehan seksual, serta ditinggalkan ayah karena perceraian maupun meninggal dunia.

Ciri-ciri pengidap daddy issues

Ada berbagai ciri yang menandai seorang perempuan mengidap daddy issues. Ciri ini beberapa bisa diliat secara kasat mata. Berikut ciri-ciri perempuan dengan masalah daddy issues:

Baca Juga: 7 Persiapan Anak Ikut Puasa, Bikin Makin Semangat

1. Hanya tertarik pada pria lebih tua

Ketidakdekatan dengan sosok ayah di masa kecil membuat perempuan dewasa menginginkan hal itu dari pasangan. Maka tak heran kalau ia memilih untuk berkencan bahkan menikah dengan pria yang terpaut usia jauh lebih tua darinya. 

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini